6 Wisata Kuliner Legendaris Yang Patut Dikunjungi Saat Berwisata Ke Surabaya

Sebagai kota metropolitan terbesar kedua di Indonesia setelah Jabodetabek, Surabaya menyimpan banyak pesona bagi para wisatawan. Mulai dari wisata sejarah, wisata alam, wisata unik yang Instagramable, wahana permainan, ekowisata, aneka wisata malam, wisata belanja, hingga wisata kuliner.

Apalagi, perjalanan ke Kota Pahlawan ini sekarang semakin dimudahkan dengan pesan tiket Lion Air Traveloka. Anda bisa melakukannya secara online hanya dengan smartphone dengan menuju situs Traveloka. Perjalanan Anda ke Surabaya pun akan terjadwalkan hanya dalam hitungan menit.

Nah, kembali lagi jika berbicara tentang wisata kuliner, kota dengan luas 326,8 kilometer persegi ini punya banyak cita rasa yang khas.

KPU KEPRI

Anda bisa mencicipi berbagai jenis kuliner beragam rasa, dari manis, pedas, hingga gurih, sesuai selera. Simak beberapa wisata kuliner legendaris Surabaya yang wajib Anda sambangi di bawah ini:

Bebek Goreng Purnama

Bebek Goreng Purnama ini patut disebut sebagai wisata kuliner yang terbilang legendaris di Surabaya karena sudah buka sejak tahun 1992 dan tidak membuka cabang di tempat lainnya. Wisata kuliner yang satu ini bisa Anda sambangi di Jalan Dinoyo Nomor 4, Keputran, Surabaya.
Keistimewaan dari Bebek Goreng Purnama ini sendiri adalah serundeng kelapanya yang melimpah.

Serundeng bisa Anda nikmati dengan bebek goreng, lalapan, sambal, dan nasi putih yang hangat. Selain bebek goreng, ada jeroan ayam goreng yang bisa dinikmati sebagai pelengkap makan. Terakhir, Bebek Goreng Purnama mulai buka dari pukul 16.00 WIB setiap harinya hingga pukul 23.00 WIB.

Lontong Balap Asli Pak Gendut

Salah satu kuliner khas yang terdapat di Surabaya adalah lontong balap. Makanan ini terdiri dari irisan lontong, tauge, tahu goreng, bawang goreng, lenthok, sambal, dan kecap yang dipadukan dengan siraman kuah segar dan enak.

Sebenarnya ada banyak tempat di Surabaya yang menyajikan menu lontong balap. Namun, Anda patut mencoba menu kuliner yang satu ini di Lontong Balap Asli Pak Gendut. Anda bisa datang mengunjunginya di Jl. Embong Malang No. 38, Surabaya.

Lontong Balap Asli Pak Gendut ini sudah berdiri lebih dari empat dekade dengan kualitas rasa yang masih tetap sama. Cara memasak dan bumbu – bumbunya pun masih diolah dengan sama karena merupakan warisan keluarga. Karena itu, tidak heran banyak orang yang menyukainya sampai sekarang.

Sate Klopo Ondomohen

Dalam Bahasa Jawa, Klopo adalah penyebutan dari buah kelapa. Meski begitu, penamaan nama Sate Klopo Ondomohen ini sendiri sebenarnya diambil dari nama jalan tempat kuliner ini dulu berdiri. Di tempat ini, Anda bisa memilih untuk menyantap sate klopo berbahan daging ayam, sapi, udang, usus, ataupun sumsum yang disajikan dengan bumbu sate pada umumnya.

Adapun, yang membedakannya dengan sate biasa adalah irisan Sate Klopo jauh lebih besar dan telah diberi bumbu terlebih dulu dengan parutan kelapa yang disangrai. Inilah alasan mengapa sate klopo Ondomohen menjadi jauh lebih gurih dan lezat saat disantap.

Untuk mencicipinya, Anda bisa datang ke Jalan Walikota Mustajab No 36, Ketabang, Kec. Genteng, Kota Surabaya. Tempat ini sendiri buka dari jam 7 pagi hingga jam 9 malam WIB.

Rujak Cingur Durasim

Tentu kurang lengkap rasanya jika berwisata di Surabaya jika tidak mencicipi rujak cingur. Sebab, rujak cingur adalah menu khas dan legendaris di Surabaya. Salah satu tempat legendaris yang patut Anda coba untuk mencicipi menu ini adalah Rujak Cingur Durasim.

Menariknya lagi, dalam proses pembuatannya, ternyata Rujak Cingur Durasim ini masih mempertahankan penggunaan cobek untuk membuat rujak.

Nikmati kenikmatan dari Rujak CIngur Durasim dengan daging sapi ditambah sayur mayur dan buah-buah, yang membuatnya semakin nikmat dan dipenuhi berbagai tekstur. Jangan lupa, menikmati pula bumbu kacang serta petis yang membuat rujak cingur semakin gurih dan dapat disesuaikan tingkat kepedasan sesuai keinginan Anda.

Selain rujak cingur, Anda bisa mencicipi menu lain di tempat ini seperti lontong mie, sop buntut, nasi rawon, gado-gado, nasi campur, dan sayur asem.

Tahu Telor Pak Jayen

Tahu telor merupakan makanan khas Surabaya yang secara tampilan mirip dengan ketoprak. Keduanya memang hampir mirip, baik dari segi isi maupun bumbu. Untuk mencicipi menu ini, Anda bisa mengunjungi Tahu Telor Pak Jayen Jalan Dharmahusada No 112, Moho, Gubeng, Surabaya.
Tahu Telor Pak Jayen menyajikan tahu, telur, tauge pendek, kentang, dan kerupuk yang disiram dengan bumbu petis pedas.

Anda bisa nambah irisan lontong agar lebih mengenyangkan. Sebagai informasi, Tahu Telor Pak Jayen buka dari jam 5 pagi hingga jam 11 malam WIB.

Sego Sambel Mak Yeye

Buka sejak tahun 1982, kuliner khas Surabaya ini menyajikan menu penyetan sederhana. Terdapat banyak pilihan lauk pauk yang bisa Anda pilih di tempat ini, mulai dari tempe, tahu, telur, hingga ikan pari.

Sego Sambel Mak Yeye ini berlokasi di Jalan Jagir Wonokromo Wetan Nomor 10, Jagir, Wonokromo, Surabaya. Sego Sambel Mak Yeye buka 9 pagi hingga jam 4 sore WIB.

Itulah 6 wisata kuliner legendaris yang patut Anda kunjungi saat berwisata di Surabaya. Makanya, segera rencanakan perjalananmu ke Surabaya bersama Traveloka untuk mencicipi kuliner favoritmu sekarang.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

GALERI 24 PKP EXPO