Jangan Lupa, Masyarakat Diminta Cek Namanya di Sipol KPU

513
Masyarakat Diminta Cek Namanya di Sipol KPU
Masyarakat Diminta Cek Namanya di Sipol KPU

FANINDO

BATAM – Tahapan verifikasi partai politik masih berlangsung. Pihak KPU saat ini tengah menunggu respon masyarakat apakah namanya terdaftar secara ilegal atau legal pada sebuah partai politik melalui layanan Sipol KPU.

Karena, salah satu persyaratan partai politik menjadi peserta Pemilu 2024 adalah memiliki keanggotaan sekurang-kurangnya 1000 orang atau 1/1000 dari jumlah penduduk pada kepengurusan partai tingkat kabupaten/kota yang dibuktikan dengan kartu tanda anggota (KTA).

Terkait keanggotaan partai politik ini, Pasal 140 Peraturan Komisi Pemilihan Umum telah mengatur tentang adanya tanggapan masyarakat jika masyarakat ragu terhadap keabsahan dokumen persyaratan yang disampaikan kepada KPU.

Untuk itu, Komisi Pemilihan Umum Kota Batam meminta masyarakat Kota Batam agar proaktif mengecek namanya apakah terdaftar menjadi anggota partai politik tertentu atau tidak sebelum tahapan penetapan partai politik peserta Pemilu.

BACA JUGA Apakah Nama Anda Dicatut Parpol, KPU Batam Minta Masyarakat Cek di Sipol

“Karena tahapan penetapan peserta Pemilu adalah 14 Desember 2022 maka diharapkan sebelum tanggal ini masyarakat sudah memberikan tanggapan kepada kami,” ujar Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU Kota Batam, William Seipattiratu.

KPU menurut William memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk cek namanya yakni melalui link http://infopemilu.kpu.go.id.

“Caranya hanya mengisi NIK pada menu tanggapan masyarakat dan akan muncul notifikasi apakah nama kita terdaftar sebagai anggota partai politik atau tidak. Jika terdaftar tapi merasa bukan anggota partai maka silahkan memberikan tanggapan dengan mengisi formulir tanggapan masyarakat di link https://helpdesk.kpu.go.id/tanggapan ,” ujar William.

Selain memberikan tanggapan melalui link ini, masyarakat bisa datang ke kantor PU Kota Batam dan akan dilayani oleh Helpdesk setiap hari.

KPU Batam menurut William akan menindaklanjuti laporan/tanggapan masyarakat tersebut sesuai mekanisme yang telah diatur dalam PKPU 4 tahun 2022 maupun juknisnya. Salah satu bentuk tindaklanjut yaitu melakukan klarifikasi langsung kepada masyarakat yang memberikan tanggapan dengan partai politik tersebut.(*/wili)

Honda Capella