Kadis DKPP dan Koperasi Sorgum Sinergi Bangkitkan Produksi Sorgum Bintan

235
Koperasi Sorgum Bintan
Kadis DKPP Bintan Bersinergi Dengan Ketua Koperasi Sorgum Nusantara Untuk Bangkitkan Produksi Sorgum di Bintan

WARTAKEPRI.co.id, BINTAN – Kadis DKPP Kabupaten Bintan, Khairul beserta Ketua Koperasi Sorgum Nusantara, Yidith Sri Wulandari turun langsung untuk mengikuti kegiatan kelompok tani milenial yang sedang melaksanakan panen perdana ketahanan pangan jenis sorgum di Jalan Sei Jeram, Desa Lancang Kuning, Kecamatan Bintan Utara.

Dikesempatan itu Khairul sangat bangga melihat keberhasilan kelompok tani milenial atas keberhasilan pengembangan ketahanan pangan sorgum.

Begitu pula Khairul mengatakan, program ketahanan pangan khususnya sorgum, pihaknya akan lebih fokus memikirkan dari ujung hulu sampai hilirnya, sebagai mana dari penanaman sampai pemasaran hasil sorgum tersebut.

Menurut Kadis DKPP, pemasaran hasil panen sorgum tidak boleh putus, pasalnya dampak pemasaran putus mengakibatkan kerugian kepada pelaku petani sorgum nantinya.

BACA JUGA Warga Sekupang Sementara Diminta Tidak Lewati Jalan Tiban Koperasi

“Kalau pemasaran hasil panen sorgum putus, dimana hasil panen cukup banyak dan tidak dapat pemasarannya, ya tentunya kita juga turut prihatin, “katanya. Minggu, (25/9/2022).

Lanjutnya, “Kita sudah mempersiapkan hal itu, dan kita sudah memiliki pabrik pengolahannya walaupun saat ini tahap kecil namun dapat menampung sekian hasil sorgum, “imbuhnya.

Ditempat yang sama Ketua Koperasi Sorgum Nusantara, Yidith Sri Wulandari juga memberikan keterangan bahwasannya sorgum sangat banyak manfaatnya, dimana buah sorgum dapat diolah menjadi beras, tepung dan batang pokok dapat dijadikan gula, begitu pula daun mudanya dapat dijadikan bubuk teh.

Selanjutnya Yidith berkeinginan terwujudnya sebuah pabrik yang dapat menyerap hasil panen dari petani, begitu pula menurutnya kedepannya juga hasil panen dapat menjadi persiapan bahan baku industri.

“Kalau sudah ada Pabrik kita bisa menjadi Fabrikasi substitusi tepung trigu, sehingga menjadi mie dan lain sebagainya nanti kita bisa buat dari sorgum, “katanya.

Menurut keterangan Yidith, Kabupaten Bintan sangat berpotensi menjadi pusat pembibitan benih, pasalnya wilayah Kabupaten Bintan masih mempunyai lahan luas yang menjadi tempat pembibitan sorgum.

“Di Kabupaten Bintan luas hamparanya masih luas sekali, sementara di lokasi lain sudah sempit, “tutupnya.

Adapun yang hadir dalam acara tersebut, Kadis DKPP Bintan khairul, Danlanaudal Tanjungpinang Kolonel Rivai, Ketua koperasi sorgum nusantara jaya Indonesia Yidith Sri Wulandari, Plt camat Bintan Utara Deny Irman Susilo, S.Kom, Plt Kepala Desa Lancang Kuning Frederick Van Rheza, S.STP beserta tamu undangan dan masyarakat. (*)

Pengirim: Agus Ginting

Honda Capella

FANINDO