Berusia 40 tahun? Ini Tips Dokter Spesialis RS KPJ Johor Agar Wanita Tetap Anggun dan Sehat

“Jadi sangat penting menjalani hidup sehat. Memasuki usia 40an wanita rentan munculnya gejala yang dampaknya menjadi penyakit,” jelasnya

Ia menjelaskan, memasuki umur 40 tahun bagi seorang wanita memang menjadi momok tersendiri. Karena di umur 40-an tersebut wanita terlihat mulai menua, rentan mendapatkan gejala penyakit, apalagi penyakit yang paling ditakuti wanita, yakni kanker servik dan kanker payudara, serta penyakit lainnya.

Setiap wanita menuju usia 40an akan menjalani masa Perimenopause atau fasa transisi dari muda sampai menopause. Hal ini dikarenakan kadar hormon estrogen dan progesteron di dalam tubuh wanita mengalami penurunan seiring pertambahan usia.

PKP EXPO

“Kondisi ini dapat terjadi pada wanita yang memasuki usia 30–40 tahun. Itu merupakan kondisi normal yang dialami setiap wanita,” ujarnya.

Menurutnya, menopause merupakan proses alami yang akan dialami oleh setiap wanita. Sebagian wanita merasakan gejalanya sejak masa perimenopause, tetapi tidak merasa terganggu. Sedangkan sebagian lainnya dapat merasakan gejala yang sangat mengganggu dan bahkan mengalami komplikasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

GALERI 24