HUT TNI ke-77, Prajurit Lanal Tbk Gelar Water Trappen, Pecahkan Rekor MURI

Memperingati HUT TNI ke-77 tahun 2022, prajurit Mako Lanal Tanjungbalai Karimun melaksanakan aksi 'Water Trappen' selama 30 menit di pantai Pelawan. Pecahkan Rekor MURI.(Foto : Ist)

WARTAKEPRI.co.id, KARIMUN – Dalam rangka memperingati HUT TNI ke-77 tahun 2022, prajurit Mako Lanal Tanjungbalai Karimun melaksanakan aksi ‘Water Trappen’ selama 30 menit di pantai Pelawan, Desa Pangke, Kecamatan Meral Barat, Kabupaten Karimun.

Aksi Water Trappen tersebut serentak dilaksanakan pada 77 lokasi di seluruh jajaran Mako Lanal yang tersebar di Indonesia.

Aksi satu-satunya dan menjadi yang pertama kalinya tersebut dicatat pemecahan rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI).

“Sebagai prajurit kita harus selalu berpartisipasi dan turut menyukseskan
program dari KASAL, untuk melaksanakan pemecahan rekor MURI ‘Water Trappen’ selama 30 menit,” terang Komandan Lanal Tanjungbalai Karimun Letkol Laut (P) Joko Sentosa, Rabu (5/10/2022).

Peserta Water Trappen sendiri, kata Danlanal berasal dari prajurit Mako Lanal Tanjungbalai Karimun beserta anggota Saka Bahari.

“Bagi para peserta aksi Water Trappen yang tidak mampu, supaya memberikan tanda dengan melambaikan tangan ke panitia, agar segera mendapat bantuan keselamatan. Utamakan zero insiden dan jaga keselamatan masing-masing peserta,” papar Danlanal.

Water trappen sendiri yakni merupakan teknik mengapung di air tanpa berpindah tempat, dan bukan berenang.

Teknik tersebut dapat dilakukan dengan posisi tubuh tegak lurus dalam air dan menggerakkan bagian kaki seperti kaki katak.

Fungsi dari teknik tersebut yaitu guna menghemat tenaga dan mengurangi keluarnya keringat yang dapat memicu dehidrasi.

Pada saat bertahan hidup di laut, teknik tersebut bermanfaat mempertahankan diri sampai bantuan datang, menolong ketika terjadi kecelakaan di laut.

Rangkaian kegiatan HUT ke-77 TNI tahun 2022 , juga digelar pelbagai macam kegiatan. Diantaranya ziarah ke makam Pahlawan, pelaksanaan upacara serta ketahanan mengapung di air atau Water Trappen.(Aman)

FANINDO

Honda Capella