NasDem Memanggil Untuk Jaring Caleg 2024, Yusrizal: Mengedepankan Gagasan Bukan Mahar

759
DPD Partai NasDem Karimun jaring Bakal Calon Anggota Legislatif, baik di tingkat Kabupaten Kota maupun DPRD Provinsi, sebagai kontestan dalam Pemilu 2024 mendatang.(Foto : Ist)

FANINDO

WARTAKEPRI.co.id, KARIMUN – Setelah Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai NasDem meluncurkan program “NasDem Memanggil” pada 17 Oktober 2022 lalu yang dilaksanakan secara serentak diseluruh Indonesia, kini pengurus DPD Partai NasDem Kabupaten Karimun, menjaring para Calon Anggota Legislatif (Caleg).

Bakal calon anggota Legislatif tersebut untuk tingkat DPRD Kabupaten Karimun dan DPRD Provinsi Kepri, sebagai kontestan dalam Pemilu 2024 mendatang.

“Melalui program memanggil, DPD Partai NasDem Karimun mengajak putra dan putri terbaik Karimun yang memiliki visi masuk kedalam arus besar perubahan,” terang Ketua DPD Partai NasDem Karimun, dr. Yusrizal, Rabu (26/10/2022).

Karena menurutnya, sesuai dari arahan Ketua Umum NasDem Surya Paloh, program “NasDem Memanggil” merupakan ruang bagi anak bangsa yang memiliki atensi dan ketertarikan dalam dunia politik praktis untuk memperjuangkan kepentingannya.

“Lewat program ini, NasDem ingin menunjukkan bahwa politik mengedepankan gagasan, bukan mahar,” tegasnya.

Yusrizal menyatakan bahwa, partai NasDem tetap solid dan konsisten dengan seluruh program yang sudah berjalan, percaya tanpa ragu.

“Bukan mahar yang kami minta, melainkan ide gagasan, pemikiran progresif, kreatif, out of the box yang dapat bantu restorasi Indonesia. Sehingga konsisten dalam dukungan tanpa syarat dan mahar,” paparnya.

Yusrizal menambahkan, DPD NasDem Karimun sendiri sudah mulai membuka pendaftaran sejak Senin, 24 Oktober 2022 dan akan berakhir pada Minggu, tanggal 20 November 2022 mendatang.

“Alhamdulillah, antusiasme masyarakat cukup tinggi dan sudah beberapa orang Caleg yang telah mendaftarkan diri,” ungkap Yusrizal.

Masih kata Yusrizal, dengan mengisi formulir para Caleg sangat antusias dan bersemangat untuk ditempatkan sebagai Daerah Pemilihan (Dapil) yang ada di Kabupaten Karimun dan juga DPRD Provinsi.

Untuk itu, kata Yusrizal siapapun masyarakat Karimun boleh ikut andil, ambil bagian dalam program tersebut.

“Baik tua maupun muda, di Desa maupun yang ada di pulau-pulau. Siapa saja yang ingin membangun Bumi berazam ini, agar kedepannya lebih baik melalui flat form gerakan dan restorasi perubahan,” beber Yusrizal.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama, Ketua Tim Penjaringan Caleg DPD Partai NasDem Kabupaten Karimun, Razali menjelaskan bahwa, jika seluruh berkas Caleg sudah memenuhi kriteria dan ketentuan dalam mekanisme Pemilu serta sesuai dengan ketentuan yang berlaku, maka akan dilanjutkan kepada penyelenggara Pemilu.

“Selanjutnya untuk dilakukan pencatatan nama calon anggota Legislatif tanpa bayar dan mahar alias gratis,” kata Razali.

Razali menambahkan, pada pasal 240 huruf h Undang-undang nomor 7 tahun 2017, disebutkan bahwa Calon Anggota DPR, DPRD serta DPD harus memiliki sehat jasmani, rohani, tidak cacat tubuh dan bebas dari penyalahgunaan narkotika serta tidak termasuk katagori gangguan kesehatan.

“Selain dilampirkan dokumen SKCK diatur dalam Peraturan KPU (PKPU) Nomor 20 Tahun 2018 tentang Pencalonan Anggota DPR, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten Kota” tandasnya.(Aman)

Honda Capella