Asuransi Mobil TLO, Ini Keuntungan, Manfaat dan Tips Memilih Produk Terbaiknya

245
Asuransi Mobil
Ilustrasi Asuransi Mobil

FANINDO

Produk asuransi mobil dari setiap perusahaan menawarkan manfaat pertanggungan yang berbeda-beda sesuai dengan jenis asuransinya. Seperti diketahui, ada dua jenis asuransi mobil yang umum dipilih para nasabahnya.

Kedua jenis tersebut adalah asuransi mo bil All Risk atau comprehensive yaitu asuransi yang menjamin kerugian total, mulai dari lecet hingga kerusakan parah, sampai pencurian.

Sementara asuransi Total Loss Only (TLO) adalah asuransi yang menjamin kerugian seperti kerusakan berskala besar dengan tingkat kerusakan lebih dari 75 persen.

Selain itu, asuransi TLO juga menjamin kerugian lain, yaitu pencurian mobil yang mana mobil itu selanjutnya tidak ditemukan hingga dalam waktu 60 hari. Anda yang tertarik memiliki produk proteksi kendaraan ini bisa menghimpun informasi mengenai promo asuransi TLO agar bisa mendapatkan harga terbaik.

Seperti halnya jika Anda ingin mengecat kendaraan, tentu saja informasi mengenai biaya yang dikenakan penting untuk diketahui. Termasuk, biaya cat mobil Jakarta Selatan untuk Anda yang berdomisili di wilayah tersebut.

Nah, buat Anda yang ingin mendapatkan informasi mengenai asuransi TLO, mari simak pemaparan selengkapnya dalam artikel berikut.

Keunggulan Asuransi TLO

Seperti dipaparkan sebelumnya, asuransi TLO adalah produk pengelolaan keuangan yang menawarkan jaminan ganti rugi jika terjadi kerusakan total saja atau biaya perbaikan mobilnya minimal 75 persen dari harga kendaraan tersebut di pasaran saat itu.

Asuransi TLO cocok untuk mobil bekas atau berusia cukup tua. Pasalnya, kendaraan tersebut berpotensi lebih besar untuk rusak total.

Saat mengajukan kredit mobil bekas, biasanya juga diberikan asuransi TLO mobil bekas. Biasanya usia mobil yang ditanggung oleh produk asuransi ini maksimal 20 tahun.

Asuransi ini juga cocok untuk Anda yang mencari asuransi mobil dengan biaya premi yang murah. Sebab, premi asuransi TLO jauh lebih murah di bandingkan asuransi mob il All Risk, sehingga Anda bisa lebih berhemat.

Manfaat Asuransi TLO

Salah satu manfaat membeli asuransi mo bil TLO adalah agar mobil mendapat perlindungan dari risiko kehilangan dan kerusakan berat. Tak hanya biayanya yang mahal, ada faktor risiko lain yang dapat membuat biaya perawatan mobil membengkak jika tidak dilindungi asuransi.

Itulah mengapa pentingnya memproteksi keuangan dengan asuransi mobil yang bisa melindungi dari berbagai biaya akibat risiko-risiko tak terduga. Seperti komponen mobil yang tiba-tiba tidak berfungsi maksimal, terjadi kecelakaan, atau hilang karena dicuri.

Memproteksi kendaraan dengan asuransi akan membuat Anda bisa lebih menghemat pengeluaran tak terduga. Karena perusahaan asuransi yang akan menanggung biaya-biaya tersebut.

Tips Memilih Asuransi TLO

Setelah memahami keunggulan dan manfaat asuransi TLO, penting juga untuk Anda mengetahui tips memilih asuransi Total Loss Only:

Pastikan Terdaftar di OJK

Hal paling penting sebelum memilih asuransi apapun, termasuk TLO, adalah memastikan perusahaan asuransi tersebut terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Perusahaan yang terdaftar di OJK dipastikan legal dan mendapatkan pengawasan yang sangat ketat.

Baca Polis dan Preminya

Sebelum memutuskan menggunakan asuransi TLO, Anda harus membaca polis dan premi yang akan diperoleh. Pastikan Anda memang membutuhkannya dan sesuai dengan kondisi keuangan.

Cek Kerusakannya

Sebelum memutuskan memilih memakai asuransi TLO, alangkah lebih baik cek kerusakannya terlebih dahulu. Apakah kerusakan sudah pasti tidak kurang dari 75%?

Jangan sampai saat pengajuan, justru permintaan Anda ditolak perusahaan asuransi terkait.

Itulah pembahasan mengenai asuransi TLO, keuntungan, manfaat dan tips memilihnya.

Semoga bermanfaat! (av).

BACA JUGA Pilih Asuransi Mobil yang Dibantu Waktu Klaim dan Terbukti Terpercaya

Honda Capella