Kekuatan Timnas Indonesia Piala AFF 2022, Minus Elkan Baggot dan Dimas Dradjad

Timnas Indonesia Piala AFF 2022 hadapi Vietnam
Kekuatan Timnas Indonesia Piala AFF 2022, Minus Elkan Baggot dan Dimas Dradjad
HARRIS BARELANG

PIALA AFF – Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, mengakhiri pemusatan latihan (TC) dan langsung mengumumkan skuad resmi untuk Piala AFF 2022.

Saat ini skuad Garuda masih di Bali, ada 26 pemain yang mengikuti TC terakhir itu dari 28 orang yang dipanggil sejak 28 November lalu. Timnas Indonesia kembali ke Jakarta pada 18 Desember 2022.

Dikutip, Superball.id, salah satu pemain naturalisasi, Sandy Walsh, tak mengikuti TC secara lengkap.Bek kanan kelahiran Brussels, Belgia, itu hanya mengikuti TC selama satu pekan sejak 29 November.

Setelah itu, pemain berusia 27 tahun tersebut harus kembali ke Belgia untuk bergabung bersama klubnya, KV Mechelen, guna menjalani kompetisi.

Satu lagi pemain yang tak mengikuti TC adalah Elkan Baggott. Elkan malah sudah memutuskan untuk tetap bersama klubnya di Inggris, Gillingham FC, sehingga tak ikut membela Timnas Indonesia di Piala AFF 2022.

Pasalnya, bek tengah berusia 20 tahun itu memiliki agenda padat bersama Gillingham FC.

Jadwal itu antara lain pertandingan menghadapi klub papan atas Liga Inggris, Wolverhampton Wanderers di Piala Liga Inggris (21 Desember 2022), dan Leicester City di Piala FA (7 Januari 2023).

Apalagi AFF tidak termasuk dalam agenda FIFA, sehingga klub tak wajib melepas pemainnya ke timnas terkait.

Selain Baggott, Dimas Dradjad juga sudah dipastikan tak memperkuat Timnas Indonesia di Piala AFF 2022. Shin Tae-yong mencoret penyerang Persikabo 1973 itu karena cedera. Posisinya digantikan oleh pemain naturalisasi dari Bali United, Ilija Spasojevic.

Sesuai kuota setiap tim di Piala AFF 2022, hanya 23 pemain yang akan didaftarkan secara resmi. Artinya, Shin Tae-yong harus mencoret beberapa pemain lagi.

Sandy Walsh kemungkinan besar tetap didaftarkan sebagai pemain Indonesia di Piala AFF 2022. Sebab, pelatih sudah memastikannya untuk membela timnas saat menghadapi Brunei Darussalam 26 Desember 2022 pada laga kedua Piala AFF.

Namun, Walsh akan absen membela Tim Merah Putih saat berjumpa Kamboja 23 Desember 2022 di laga perdana karena harus membela klubnya.

Lantas, siapa saja pemain yang akan dicoret? Shin Tae-yong sudah mengantungi nama-namanya dan meminta semua pihak menerima keputusan itu.

Skuad Garuda berada di Grup A bersama juara bertahan Thailand, Filipina, Kamboja, dan Brunei.

Pasukan Merah Putih akan memulai Piala AFF 2022 dengan menjamu Kamboja di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta Pusat, 23 Desember.

Di skuad timnas yang mengikuti TC kali ini ada 3 pemain U-20, yakni Muhammad Ferarri, Marselino Ferdinan, dan Dzaky Asraf.

Ada pula nama-nama pemain senior seperti Nadeo Arga Winata, Ricky Kambuaya, dan Fachruddin Aryanto.

Sementara itu, dua pemain lama, Hansamu Yama dan Andy Setyo, kembali ikut TC.

Namun, apakah mereka terpilih masuk ke 23 nama resmi untuk Piala AFF 2022? Kita tunggu pengumuman resminya.

BACA JUGA Timnas Juara Piala AFF U16 2022, Pelatih Vietnam Dapat Kartu Merah

Prediksi Pemain Timnas Indonesia Piala AFF 2022

Kiper:
Nadeo Arga Winata, Muhammad Riyandi, Syahrul Trisna,

Belakang:
Asnawi Mangkualam, Jordi Amat, Sandy Walsh, Fachruddin Aryanto, Rizky Ridho, Muhammad Ferarri, Pratama Arhan, Hansamu Yama, Andy Setyo, Edo Febriansyah

Tengah:
Marc Klok, Syahrian Abimanyu, Marselino Ferdinan, Rachmat Irianto, Ricky Kambuaya, Dzaky Asraf, Yakob Sayuri, Witan Sulaeman, Egy Maulana Vikri, Saddil Ramdani,

Depan:
Ilija Spasojevic, Muhammad Rafli, Dendy Sulistyawan, Ramadhan Sananta.(*)

Sumber : Superball
Editor : Dedy Suwadha

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

GALERI 24 PKP PROMO ENTENG