Menang Tipis dari Persikabo, Persija Duduki Puncak Klasemen Liga 1

Menang Tipis dari Persikabo, Persija Duduki Puncak Klasemen Liga 1
Menang Tipis dari Persikabo, Persija Duduki Puncak Klasemen Liga 1. (Foto: Istimewa/net)


BEKASI – Persija Jakarta berhasil menduduki puncak klasemen Liga 1 Indonesia setelah mengalahkan Persikabo 1973 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Ahad (29/1/2023) petang.

Lanjutan Liga 1 itu dimenangkan Persija dengan skor 1-0. Laskar Padjajaran kalah tipis. Tim asuhan Thomas Doll meraih tiga poin dan bercokol di puncak klasemen sementara.

Dilansir dari Republika, Persija telah mengumpulkan sebanyak 41 poin dari 12 kemenangan. Dari total 21 pertandingan, skuad Macan Kemayoran ini 5 kali bermain seri, dan 4 kali kalah.

Persija Jakarta pun saat ini unggul 2 poin dari Persib Bandung yang berada di posisi ke dua. Sementara Persikabo tertahan di posisi 12 yang hanya mengumpulkan 24 poin dari 6 kemenangan, 6 seri dan 8 kalah.

Berbagai peluang emas diciptakan anak asuh Thomas Doll. Namun hingga babak pertama usai Macan Kemayoran belum dapat merobek gawang Laskar Padjajaran.

Berbagai percobaan lewat trisula Aji Kusuma, Riko Simanjuntak dan Abdulla Yusuf Helal masih bisa dibendung deretan bek pun penjaga gawang Syahrul Fadli.

Jakmania bersorak menit kesembilan setelah Abdulla Yusuf Helal kembali menebar ancaman melalui tandukannya. Penyerang asal Bahrain itu melepas tandukan keras yang membentur tiang gawang.

BACA JUGA Rafiq Resmi Buka Liga Karimun Bangkit, Cetak Atlet Sepakbola Berprestasi

Pada menit ke-19 Persija memiliki kesempatan melalui penyerang Aji Kusuma. Mendapat umpan mendatar dari Firza Andika, Aji Kusuma yang berada di posisi tengah mencoba melewati bek lawan sebelum melepas tembakan keras yang dapat diantisipasi kiper Syahrul Fadli.

Persija melakukan pergantian Syahrian Abimanyu ditarik keluar karena terlihat kesakitan setelah menerima benturan dengan pemain Persikabo. Pemain asal Jerman Hanno Behrens mengisi posisi lini tengah pada menit ke-31.

Yusuf Helal kembali meneror gawang Persikabo. Tendangan keras pemain 29 tahun lagi-lagi masih dapat diamankan kiper Syahrul Fadli. Penampilan kiper 27 tahun terbilang sangat impresif pada laga kali ini.

Meski timnya belum mencetak gol pelatih Thomas Doll terlihat bahagia dengan terekam kamera melepas senyum setelah melihat aksi para pemain mengurung pertahanan Persikabo.

Di sisi lain, Persikabo masih sulit untuk membongkar pertahanan Persija. Permainan Laskar Padjajaran masih mudah diantisipasi pun dipatahkan para pemain Persija. Hingga peluit turun minum berbunyi skor imbang tanpa gol tetap bertahan.

Pada interval…

Pada interval kedua Persikabo langsung menyengat pertahanan Persija. Penyerang Silvio Rodrigues Pererira Junior memiliki peluang pada menit ke-47.

Berawal dari umpan silang pemain Persikabo bek Persija Ondrej Kudela nyaris membuat blunder. Tandukannya meleset yang jatuh ke kaki Silvio Rodrigues Pererira Junior, sayang sontekannya masih berada di atas mistar gawang Persija.

Memasuki menit ke-54 pelatih Thomas Doll melakukan rotasi menarik Aji Kusuma, Firza dan Rio Fahmi memasukkan Dony Tri Pamungkas, Alfriyanto Nico serta Michael Krmencik.

Upaya tersebut berbuah hasil pada menit ke-58. Persija mendapat hadiah penalti setelah Riko Simanjuntak dijatuhkan di dalam kotak penalti oleh bek Persikabo.

Abdulla Yusuf Helal yang menjadi algojo dengan tenang berhasil menaklukan kiper Persikabo Syahrul Fadli. Yusuf Helal melepaskan tembakan ke arah sebelah kiri yang gagal ditebak oleh kiper Laskar Padjajaran.

Unggul satu gol Persija tampil lebih tenang, Macan Kemayoran menjaga tempo permainan. Hasilnya, pada menit ke-77 Persija kembali memiliki peluang emas. Tendangan spekulasi Hanno Behrens dari luar kotak penalti mengenai tiang gawang, yang nyaris menambah keunggulan Persija. Namun tak ada gol tambahan tercipta hingga laga berakhir.

Sumber: Republika

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News