Masyarakat Bunguran Barat Dapat Sosialisasi Aplikasi Sulam dari Sekwan Natuna

Masyarakat Bunguran Barat Dapat Sosialisasi Aplikasi Sulam dari Sekwan Natuna
Masyarakat Bunguran Barat Dapat Sosialisasi Aplikasi Sulam dari Sekwan Natuna


NATUNA– Sekretariat DPRD Natuna mengembangkan aplikasi untuk menjaring aspirasi warga diberi nama, Sistim Usulan Aspirasi Masyarakat (Sulam). Aplikasi tersebut diapresiasi karena diklaim mempermudah kinerja legislatif.

Ketua DPRD Natuna Daeng Amhar SE, MM dalam kunjungan ke Kota Bemarwah Kecamatan Bunguran Barat  kelurahan Sedanau menghadiri sosialisasi sulam mengatakan, kehadiran aplikasi Aspirasi Masyarakat berbasis digital ini menunjang kinerja anggota. Khususnya mempermudah kinerja legislatif dalam menampung aspirasi masyarakat.

“Aplikasi ini dimanfaatkan dalam menunjang tugas, pokok, dan fungsi DPRD Natuna,” ucap Daeng Amhar disela menghadiri sosialiasi Sistim Usulan Aspirasi Masyarakat (Sulam) bersama lapisan Masyarakat di gedung Kecamatan Bunguran Barat, Jumat (9/6/2023).

Aplikasi Sulam diinisiasi Sekretaris Dewan DPRD Natuna, Program tersebut merupakan program perubahan sebagai bentuk transformasi digital di Kabupaten Natuna.

“Semoga sistem Sulam ini anggota DPRD Natuna bisa memanfaatkan secara maksimal untuk menampung aspirasi seluruh warga Natuna,” paparnya.

Ia mengatakan, melalui teknologi digital itu dapat menampung aspirasi masyarakat yang belum terserap secara optimal. Selain itu juga menurut dia, masyarakat di daerah saat ini sudah mengikuti zaman digitalisasi meskipun belum sepenuhnya.

“Setidaknya dari desa, kelurahan ini mereka sudah pasti ada saja yang bisa mewakili masyarakat dalam menyampaikan aspirasinya melalui sistem digital,” ucap Daeng Amhar.

Sementara Dian Rahadian dari Ketua Forum Komunikasi RT/RW Kelurahan Sedanau juga mengaku aplikasi Sulam ini meringankan proses legislasi. Segenap masyarakat sangat mendukung penuh pelaksanaannya.

“Tentunya dengan program ini akan menambah ringannya proses-proses legislasi yang ada di DPRD Natuna,” ujar Dian.

Tidak hanya DPRD Natuna, aplikasi tersebut juga berdampak positif pada peningkatan kinerja Pmerintahan Natuna. Khususnya dalam merancang dan merealisasikan program kegiatan sesuai aspirasi masyarakat.

sosialiasi Sistim Usulan Aspirasi Masyarakat (Sulam) bersama lapisan Masyarakat di gedung Kecamatan Bunguran Barat, Jumat (9/6/2203).
sosialiasi Sistim Usulan Aspirasi Masyarakat (Sulam) bersama lapisan Masyarakat di gedung Kecamatan Bunguran Barat, Jumat (9/6/2023).

“Meringankan tugas-tugas Kabupaten Natuna untuk terus mengawal proses legislasi demi memperkuat Pemkab Natuna lewat DPRD terkait regulasi-regulasi yang kita butuhkan untuk hari ini dan masa depan,” imbuhnya.

Aplikasi Sulam ini sudah resmi diluncurkan pada Rabu (31/5) lalu. Aplikasi tersebut sebagai inovasi baru yang diklaim punya keunggulan dalam dunia pemerintahan, khususnya terkait legislasi anggota DPRD Natuna.

Menurut Edy aplikasi Sulam belum cukup sebulan diluncurkan namun sudah menjadi bahan perbincangan di lapisan masyarakat, khususnya sosial media.

“Semenjak di launching 31 Mai 2023, dan disosialisasikan sampai ke masyarakat sampai saat ini animo masyarakat cukup positif dan digemari sebagai aplikasi yang sangat memudahkan dalam menyampaikan aspirasi atau usulan warga,” tuturnya.

Dia menyampaikan bahwa peningkatan pelayanan di DPRD Natuna sangat perlu dilakukan.

“Itu nanti akan menjadi satu pokir (pokok pikiran). Jadi bisa dipertanggungjawabkan bahwa pokok pikiran dari anggota DPRD tersebut memang ada usulan masyarakat,” imbuhnya.

Sosialiasi sistim usulan Aspirasi Masyarakat (Sulam) bersama lapisan Masyarakat di gedung Kecamatan Bunguran Barat turut hadir Danramil, Danposal, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Kabag Umum DPRD Natuna Heru Chandra, Firman Sekcam Bunguran Barat, perangkat Desa dan kelurahan, Ketua DPRD Natuna Daeng Amhar SE MM, Ketua Komisi 3 DPRD Marzuki SH, Wan Richi S.Kom dan Junaidi.

(Rk)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News