Sekda Jefridin Buka Kegiatan Kampanye Germas Diikuti 250 Peserta Lansia Se-Kota Batam

HARRIS BARELANG

WARTAKEPRI.co.id, BATAM – Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin, M.Pd. mewakili Wali Kota Batam, Muhammad Rudi membuka kegiatan Kampanye Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) dengan tema “Gemar Beraktivitas Fisik”, yang diikuti sebanyak 250 peserta lansia dari Kecamatan Batam Kota, Kecamatan Lubukbaja dan Kecamatan Bengkong. Juga dihadiri para pendamping lansia, kader posyandu, karangtaruna, dan masyarakat se-Kecamatan Batamkota, di Mall Botania 2, Batam Center, Sabtu (29/7/2023).

Germas sendiri merupakan program nasional yang menginstruksikan Kepala Daerah sesuai dengan Instruksi Presiden RI Nomor 1 Tahun 2017, sebagai penguatan upaya promosi kesehatan dan pencegahan penyakit di masyarakat.

“Kesehatan itu sangat penting. Oleh karena itu kegiatan Germas hari ini luarbiasa. Atas nama Pemerintah Kota Batam dan Wali Kota Batam, Muhammad Rudi menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada Dinas Kesehatan berkolaborasi dengan Camat, dan penggiat kesehatan serta masyarakat yang hadir,” ujar Jefridin yang hadir didampingi Ketua II TP PKK Kota Batam, Hariyanti Jefridin.

Jefridin turut mengajak para peserta yang hadir untuk juga menggandeng lingkungan hingga keluarga terdekat untuk bersama menerapkan hidup sehat. Ia juga berharap melalui kegiatan ini, Batam kota sehat dapat terwujud.

“Kita sangat mendukung kegiatan ini sebagai edukasi masyarakat untuk hidup sehat. Melalui Germas, juga sebagai salah satu upaya untuk mendukung Batam kota sehat. Diharapkan kegiatan Germas yang diadakan secara sistematis dan terencana bersama komponen-komponen bangsa, dapat menumbuhkan kesadaran berprilaku hidup sehat untuk meningkatkan kualitas hidup,” jelas Jefridin.

Ketua Panitia, Kiki Purnama Agustin Siahaan, menyampaikan terdapat 5 Cluster pokok dari Germas sendiri, yaitu Peningkatan Aktifitas Fisik, Peningkatan Pangan Sehat, Peningkatan Edukasi & Perilaku Hidup Bersih dan Sehat, Pencegahan & deteksi dini penyakit, dan Peningkatan Kualitas Lingkungan. Serta 7 pilar Germas yang salah satu diantaranya menjadi tema dalam kegiatan ini.

“Dan terdapat 7 pilar Germas, diantaranya Melakukan aktifitas fisik, Budayakan makan buah dan sayur tiap hari, Tidak Merokok, Tidak mengkonsumsi minuman ber alkohol, Melakukan pmeriksaan kesehatan secara berkala, Menjaga kesersihan lingkungan dan Menggunakan jamban sehat. Dimana aktivitas fisik yang kita angkat menjadi tema pada hari ini,” terangnya.(MCB)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

GALERI 24 PKP PROMO ENTENG