BlueBird Nordic Airlines, Maskapai Baru di Indonesia Spesialis Carteran dan Kargo

BlueBird Nordic Airlines, Maskapai Baru di Indonesia Spesialis Carteran dan Kargo
BlueBird Nordic Airlines, Maskapai Baru di Indonesia Spesialis Carteran dan Kargo

WARTAKEPRI.co.id – Perkembangan industri aviasi di Indonesia makin semarak dengan kehadiran Maskapai BBN Airlines Indonesia. Adalah BBN Airlines Indonesia namanya, singkatan dari BlueBird Nordic. Perusahaan ini mengkhususkan diri pada jasa aircraft, crew, maintenance, and insurance (ACMI), penyewaan pesawat (charter), dan kargo. Sejauh ini, belum banyak maskapai di Indonesia yang khusus berkecimpung pada lini bisnis tersebut.

Kesiapan BBN Airlines Indonesia ditandai dengan terbitnya Sertifikat Operator Pesawat Udara atau Air Operation Certificate (AOC) pada 31 Agustus 2023. Sertifikat penerbangan komersial dari Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan ini diterima BBN Airlines Indonesia setelah melalui lima tahap.

BBN Airlines Indonesia telah memenuhi seluruh persyaratan teknis dan keselamatan penerbangan. Sertifikat AOC pun menjadi bukti keseriusan BBN Airlines untuk mendukung kebutuhan dalam hal airlines, tour operator, kargo, hingga logistik.

KPU KEPRI

Chairman BBN Airlines Indonesia Martynas Grigas mengatakan, pihaknya telah melakukan survei pasar untuk menganalisis kebutuhan pada periode-periode tertentu, seperti musim haji dan umroh, Idulfitri, dan hari-hari istimewa lainnya. Pada saat-saat tersebut, biasanya terjadi lonjakan tinggi dalam hal distribusi barang.

BBN Airlines Indonesia menyiapkan dua armada Boeing 737-800 F untuk layanan kargo. Hingga akhir tahun 2023, BBN Airlines Indonesia akan menyiapkan sembilan armada untuk kargo dan pesawat penumpang.

BACA JUGA Maskapai TransNusa Terbang Mulai 6 Oktober 2022, Tarif Murah ke Bali dan Jogja

Grigas menjelaskan, layanan ACMI-nya masih jarang ditemukan di pasar Asia, di mana BBN Airlines menawarkan layanan wet-lease maupun mixed-crews (damp lease). BBN Airlines Indonesia menyediakan tambahan pesawat kepada penyewa, sementara pemberi sewa bertanggung jawab atas pesawat, kru, program pemeliharaan, dan asuransi pesawat.

@wartakepri BlueBird Nordic Airlines, Maskapai Baru di Indonesia Spesialis Carteran dan Kargo #airlines #maskapaipenerbangan #pesawatkargo ♬ suara asli – wartakepri.co.id

“Adapun penyewa akan bertanggung jawab atas aspek-aspek operasional lainnya, seperti bahan bakar dan layanan penanganan darat,” kata Grigas. BBN Airlines Indonesia menawarkan jasa ACMI untuk kebutuhan perusahaan-perusahaan maskapai di Tanah Air. Perusahaan ini menyediakan pilihan sewa yang beragam, kru yang berpengalaman, pemeliharaan yang cermat, dan cakupan asuransi yang komprehensif.(*)

Sumber : KataData
Editor : Dedy Suwadha

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

GALERI 24 PKP EXPO