Cara Pemkab Lingga Cegah Tindak Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak

Cara Pemkab Lingga Cegah Tindak Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak
Cara Pemkab Lingga Cegah Tindak Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak


LINGGA – Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan anak menyelenggarakan rapat Koordinasi Lintas Sektor dalam Penguatan Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Terhadap perempuan dan anak di Daerah Kabupaten Lingga. Di ruang rapat Barenlitbang, Rabu (29/11/2023).

Dalam sambutan pada rapat koordinasi lintas sektor, Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Lingga, Muhammad Arief, S.K.M., M.Si mengatakan bahwa rapat koordinasi ini sebagai bagian dari langkah konkret dalam upaya pencegahan tindak kekerasan terhadap perempuan dan anak di wilayah Kabupaten Lingga.

“Rapat Koordinasi lintas sektor ini merupakan upaya menciptakan lingkungan yang aman serta mencegah terjadinya tindak kekerasan bagi perempuan dan anak, dan rapat ini merupakan platform untuk memperkuat kolaborasi di antara berbagai pihak terkait,”ungkap Arief.

Sementara itu, Ketua PKK, Maratusoliha menyampaikan bahwa dalam upaya pencegahan tindak kekerasan pada perempuan dan anak di mulai dari diri sendiri atau keluarga kita.

“Kita harus memulai dari diri kita atau keluarga kita dalam upaya pencegahan tindak kekerasan perempuan dan anak, InsyaAllah jika keluarga kita tentram dan damai, maka kita jadi contoh bagi keluarga yang lain,” ungkap Ibu Bupati Sekaligus Ketua PKK Kabupaten Lingga.

Lebih lanjut, Maratusoliha menyampaikan bahwa upaya pencegahan tindak kekerasan perempuan dan anak tentu tidak hanya satu OPD saja tetapi perlunya kerjasama semua pihak.

Setelah menyampaikan sambutan, Maratusoliha selaku Ketua PKK membuka Rapat Koordinasi Lintas Sektor secara resmi, dan dilanjutkan pemaparan materi oleh narasumber.

Salah satu poin utama yang dibahas adalah peningkatan pemahaman masyarakat tentang tanda-tanda kekerasan terhadap anak dan langkah-langkah yang dapat diambil untuk melaporkannya. Selain itu, rapat juga membahas upaya penguatan jaringan kerja sama antar lembaga dalam menangani kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak.

Dengan adanya rapat koordinasi lintas ini, diharapkan dapat tercipta sinergi yang kuat antarlembaga sehingga upaya pencegahan dan penanganan kekerasan terhadap perempuan dan anak dapat lebih efektif dan menyeluruh.

Rapat koordinasi lintas sektor ini mencerminkan komitmen pemerintah daerah dan seluruh pihak terkait dalam menciptakan lingkungan yang aman.

Rapat koordinasi ini dihadiri oleh Bupati Lingga, M. Nizar, S. Sos, Kapolsek Daik Lingga Iptu Palti Simangunsong, Ps. Kanit Reskrim Polsek Daik Lingga Brigadir Yosman G.T Simangunsong, Ps. Kanit Intelkam Polsek Daik Lingga Aipda Sanusi S.sos, Banit Reskrim Polsek Daik Lingga Briptu Oka Adrianti, PPA dan sekaligus Narasumber Dra. Marlia Saridewi, MM, Ketua KPPAD E. Afrizal, Kementerian Agama Kabupaten Lingga, Camat, Lurah dan Perwakilan dari PD Kabupaten Lingga. (*)

Sumber : Kominfo Lingga

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News