Hasil Drawing Euro 2024, Grup Neraka B dan D dan akankah Israel Lolos



PIALA EURO 2024 – Drawing pembagian grup Euro 2024 sudah dilakukan. Negara-negara yang akan saling bentrok di turnamen ini sudah terbagi dalam enam grup.

Drawing Euro 2024 dilakukan di Hamburg, Jerman, Minggu (3/12/2023) dini hari WIB. Acara drawing ini dihadiri oleh sejumlah figur terkenal sepak bola, seperti Luis Figo dan Philipp Lahm.

Euro 2024 akan dimulai pada 14 Juni sampai 14 Juli 2024. Jerman sudah dipastikan akan tuan rumah bagi turnamen antarnegara benua biru tersebut.

Sejauh ini sudah ada 21 negara yang dipastikan lolos ke putaran final Euro 2024. Sementara itu, tiga tiket lainnya akan diperebutkan 12 negara di babak play-off pada Maret 2024 mendatang.

Setelah dilakukan drawing, terdapat beberapa grup yang sangat menarik. Seperti Grup B yang layak disebut sebagai grup neraka karena dihuni tim kuat Spanyol, Kroasia dan juara bertahan Italia.

Selain Grup B, Grup D juga cukup menarik. Di Grup ini ada Belanda, Prancis dan Austria. Sedangkan sisa satu timnya bakal diisi oleh pemenang play-off A.

Grup A
– Jerman
– Skotlandia
– Hungaria
– Swiss

Grup B
– Spanyol
– Kroasia
– Italia
– Albania

Grup C
– Slovenia
– Denmark
– Serbia
– Inggris

Grup D
– Pemenang play-off A
– Belanda
– Austria
– Prancis

Grup E
– Belgia
– Slovakia
– Rumania
– Pemenang play-off B

Grup F
– Turki
– Pemenang play-off C
– Portugal
– Republik Ceko.

Playoff Euro 2024

UEFA sudah melakukan pengundian untuk babak Playoff Euro 2024. Wales menghadapi Finlandia, sementara Ukraina bertemu Bosnia-Herzegovina.
Drawing tersebut dilakukan di markas UEFA, Nyon, Kamis (23/11/2023) malam WIB. Playoff dibagi ke tiga fase, yakni Playoff A, B, dan C, berdasarkan hasil kualifikasi dan peringkat UEFA Nations League.

Untuk Playoff A, Wales akan jadi tuan rumah untuk laga kontra Finlandia. Pemenang partai semifinal itu bertemu pemenang semifinal lainnya antara Polandia kontra Estonia, yang masih ditentukan venue-nya.

Tim-tim yang berada di Playoff A diambil dari mereka yang berada di Liga A pada Nations League 2022/2023 tapi bukan berstatus juara grup, bersamaan dengan juara grup Liga D terbaik.

Untuk Playoff B, Bosnia-Herzegovina akan menjamu Ukraina, sementara Israel akan menjamu Islandia. Tapi, karena situasi konflik di dalam negeri, Israel akan memainkan partai usiran yang akan ditentukan kemudian.

A
Wales vs Finlandia
Polandia vs Estonia

B
Bosnia-Herzegovina vs Ukraina
Israel vs Islandia

C
Georgia vs Luksemburg
Yunani vs Kazakhstan (*)

Sumber : BolaNet/Detik
Editor : Dedy Suwadha

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News