Perhatikan! Ini Kombinasi Makanan yang Sebaiknya Tidak Dimakan Bersamaan

Ini Kombinasi Makanan yang Sebaiknya Tidak Dimakan Bersamaan
Kombinasi makanan seperti yoghurt dengan buah sangat dilarang (ilustrasi)
HARRIS BARELANG

BATAM – Mengkombinasikan berbagai jenis makanan saat santap bersama bisa menjadi pengalaman yang lebih memuaskan. Namun, bijaksanalah dalam memilih kombinasi, karena beberapa jenis makanan dapat menyebabkan masalah kesehatan jika dimakan bersamaan.

Berikut adalah kombinasi makanan yang sebaiknya dihindari:

1. Telur dengan Daging Merah

Hindari mengonsumsi telur bersamaan dengan daging merah, karena keduanya memiliki tinggi protein hewani. Kombinasi ini dapat membebani sistem pencernaan, membuat usus bekerja lebih keras, dan membutuhkan waktu lebih lama untuk mencerna keduanya.

BACA JUGA: Polda Sumut Gerebek 2 Lokasi Sarang Narkoba, 11 Orang Positif Konsumsi

2. Bayam dan Produk Susu

Bayam mengandung oksalat, sementara produk susu mengandung kalsium. Campuran keduanya dapat menghasilkan antinutrien, senyawa yang tidak larut, dan menurunkan penyerapan kalsium. Ini dapat berbahaya bagi orang yang tidak mendapatkan asupan kalsium yang memadai.

3. Yoghurt dengan Buah

Menurut informasi dari Stylecraze, yoghurt mengandung banyak bakteri yang bereaksi pada gula dalam buah-buahan. Reaksi ini dapat menghasilkan racun yang menyebabkan pilek dan alergi.

Sebagai alternatif, disarankan untuk mengonsumsi yoghurt tanpa rasa dan menggantikan buah-buahan dengan madu, kayu manis, atau kismis.

BACA JUGA: Menlu RI Retno Marsudi Walk Out dari Debat Dewan Keamanan PBB saat Duta Besar Israel Berpidato

4. Sereal dengan Jus Jeruk dan Susu

Kombinasi susu yang mengandung kasein dengan jus jeruk yang asam dapat mengentalkan dan menghancurkan enzim dalam sereal. Untuk menghindari dampak ini, disarankan untuk meminum jus buah setidaknya satu jam sebelum atau sesudah makan sereal.

5. Kentang dengan Daging Merah

Kombinasi kentang dan makanan kaya karbohidrat dengan daging merah sebaiknya dihindari. Keduanya memiliki sifat yang berlawanan, menyebabkan gas, ketidaknyamanan perut, dan perut kembung.

Sebagai gantinya, daging merah dapat dikombinasikan dengan jenis kacang-kacangan untuk menciptakan kombinasi makanan yang lebih seimbang. (*/tempo)

Editor: Denni Risman

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

GALERI 24
PKP PROMO ENTENG