Presiden Jokowi Tunjuk Tito Plt MenkoPolhukam dan 4 Staf Ahli Mahfud Ikut Mundur

Tito Karnavian Menkopolhukam
Tito Karnavian Menkopolhukam
HARRIS BARELANG

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menunjuk Tito Karnavian sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan ( MenkoPolhukam ), menggantikan Mahfud MD yang baru saja mengundurkan diri.
Apa alasan Jokowi?

“Pak Tito Karnavian kan termasuk di dalam jajaran kemenko polhukam, adalah salah satu menteri yang senior ya, selain juga ada beberapa menteri yang lain. Jadi bapak Presiden menunjuk beliau sebagai Plt Menko Polhukam,” kata Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana menyampaikan pertimbangan Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (2/2/2024)

Diketahui, sebelumnya banyak pihiak yang memperkirakan posisi tersebut akan diisi oleh Prabowo Subianto, mengingat Menteri Pertahanan berada di bawah koordinasi Menko Polhukam.

“Pak Prabowo kan banyak tugas sekarang ini, termasuk sedang dicalonkan menjadi capres kan. Tentu beliau banyak kegiatan yang lain,” terang Ari.

Ari menambahkan, untuk keputusan ini tidak ada pelantikan khusus. Tito bisa langsung bekerja ketika Keputusan Presiden ditandatangani oleh Presiden Jokowi. “Sampai adanya Menko Polhukam definitive,” ujarnya.

Staf Ahli Mundur

Mahfud Md telah mundur dari Menko Polhukam. Calon Wakil Presiden nomor urut 3 ini juga memberhentikan empat staf khusus yang diangkatnya.

Mahfud mengatakan pengangkatan dan pemberhentian staf khusus merupakan kewenangan Menko. Dia mengatakan dirinya sudah meminta agar surat pemberhentian empat staf khususnya itu dibuat sebelum dirinya resmi mundur.

“Itu saya sudah minta agar dibuat surat pemberhentian karena ini mereka saya bawa untuk melekat ke saya sejak dulu dan pengangkatan itu memang menjadi wewenang sepenuhnya dari seorang Menko, tidak perlu izin kalau untuk memberhentikan itu,” ucapnya.

Salah satu eks Staf Khusus Mahfud, Rizal Mustary, mengatakan total ada empat orang yang mundur termasuk dirinya.

“Kami berempat berhenti bersamaan dengan berhentinya Pak Menko,” kata Rizal dalam keterangan tertulisnya.
Berikut empat orang yang mundur bersama Mahfud:

– Rizal Mustary selaku Staf Khusus Menko Bidang Komunikasi
– Budi Kuncoro selaku Staf Khusus Menko Bidang Kerjasama Lembaga,
– Imam Marsudi selaku Staf Khusus Menko Bidang Sosial Budaya
– Erwin Moeslimin yang merupakan Staf Khusus Menko Bidang Hukum dan Politik.

Sumber : Cnbc/Detik
Editor : Dedy Suwadha

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

GALERI 24
PKP PROMO ENTENG