Indosat IOH Catat Pertumbuhan Yang Solid di Seluruh Lini Bisnis Pada Tahun 2023

Indosat IOH Catat Pertumbuhan Yang Solid di Seluruh Lini Bisnis Pada Tahun 2023
Indosat IOH Catat Pertumbuhan Yang Solid di Seluruh Lini Bisnis Pada Tahun 2023


JAKARTA – Indosat Ooredoo Hutchison melaporkan kinerja yang sangat baik selama periode dua belas bulan yang berakhir pada 31 Desember 2023. Beberapa pencapaian mencakup pertumbuhan pesat dalam total pendapatan, EBITDA, margin EBITDA, trafik data, dan jumlah Base Transceiver Station (BTS) 4G. Indosat berhasil mencatat total pendapatan sebesar Rp51,2 triliun, meningkat 10% dibandingkan tahun sebelumnya.

Pertumbuhan pendapatan berasal dari peningkatan kualitas pelanggan konsumen dan korporasi, serta performa positif dari semua lini bisnis perusahaan. Pendapatan dari sektor Selular tumbuh 8,7% YoY, didorong oleh pendapatan dari Data dan Interkoneksi. Pendapatan dari Multimedia, Data Communication, and Internet (MIDI) naik 13,0% YoY, terutama dari layanan IT dan Internet Tetap. Pendapatan dari Telekomunikasi Tetap juga melonjak 28,4% YoY, didukung oleh pendapatan dari Telepon Internasional dan Jaringan tetap.

Selain itu, perusahaan mencapai pertumbuhan positif pada EBITDA sebesar 23,0% YoY menjadi Rp23,9 triliun, dengan margin EBITDA yang dinormalisasi tumbuh solid sebesar 46,8%. Laba Normalisasi Periode Berjalan yang Dapat Diatribusikan Kepada Pemilik Entitas Induk mencapai Rp3,5 triliun, tetap positif selama tiga tahun berturut-turut.

Selama tahun 2023, Indosat mendekatkan hubungan dengan hampir seratus juta pelanggan di merek konsumennya, IM3 dan Tri, yang menghasilkan peningkatan Mobile Average Revenue Per User (ARPU) sebesar 5,3% menjadi Rp35,6 ribu. Basis pelanggan yang berkualitas diperkuat dengan peningkatan skor Customer Satisfaction (CSAT) IM3 dan Tri.

BACA JUGA Indosat IOH, Virtualness dan PT Liga Indonesia Baru Luncurkan Permainan Liga 1 Fantasy Football

Strategi transformasi Indosat dari Telco menjadi TechCo mencapai tonggak penting pada tahun 2023. Jumlah BTS 4G meningkat 30,7% YoY menjadi 179.000 sites di seluruh Indonesia. Proses integrasi jaringan di lebih dari 46.000 sites selesai dalam waktu satu tahun menggunakan teknologi Multi-Operator Core Network (MOCN).

Peningkatan kualitas layanan juga berkontribusi pada pertumbuhan trafik data sebesar 14,8% YoY menjadi 14.417 Petabyte (PB). Indosat juga mencatat belanja modal sebesar Rp12,7 triliun untuk pengembangan bisnis selular dan perluasan jangkauan jaringan ke daerah perdesaan.

Indosat terus mengembangkan layanan internet fixed broadband, termasuk melalui akuisisi pelanggan aset MNC Play, dengan jumlah pelanggan Home Broadband (HBB) mencapai 336,9 ribu pada akhir 2023. Pengguna aktif bulanan (Monthly Active Users/MAU) aplikasi myIM3 dan bima+ meningkat menjadi 37,7 juta.

Vikram Sinha, Presiden Direktur dan Chief Executive Officer Indosat Ooredoo Hutchison, menekankan peran strategis perusahaan dalam menginisiasi pertumbuhan infrastruktur pusat data berbasis Artificial Intelligence (AI) di Indonesia. Indosat berkomitmen untuk memajukan Indonesia dalam pengembangan AI Cloud tingkat dunia.(*)

Editor : Dedy Suwadha

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News