Pemkab Pasbar Meluncurkan Layanan Panggilan Darurat Pasbar Siaga 112

Pemkab Pasbar Meluncurkan Layanan Panggilan Darurat Pasbar Siaga 112
Pemkab Pasaman Barat luncurkan panggilan darurat Siaga 112 (taufik)

PASAMAN BARAT- Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) meluncurkan Layanan Panggilan Darurat Pasbar Siaga 112 pada hari Minggu (25/2) di Aula Kantor Bupati setempat.

Acara peluncuran dihadiri oleh berbagai pihak terkait, termasuk Perwakilan Kementerian Kominfo RI Agung Setyo Utomo, Bupati Pasbar Hamsuardi, Wakil Bupati Risnawanto, serta berbagai unsur Forkopimda Pasbar dan stakeholder terkait lainnya.

Dalam kesempatan tersebut, Perwakilan Kementerian Kominfo RI Agung Setyo Utomo menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Pasbar karena telah aktif mengaktifkan layanan nomor darurat tunggal 112.

PKP EXPO

Dengan ini, Pasbar menjadi kabupaten ke 131 di Indonesia yang telah mengadopsi sistem ini. Ini merupakan langkah penting dalam peningkatan keselamatan dan kesejahteraan masyarakat.

“Nomor ini adalah nomor default internasional seperti 911. Kami dari Kementerian juga telah berkoordinasi, bahwa hampir semua operator seluler telah membuka nomor 112 dengan panggilan gratis bahkan saat kondisi hp terkunci,” ucapnya.

Bupati Hamsuardi juga menyampaikan terima kasih kepada Kementerian Kominfo dan PT Digital Sandi Indonesia atas dukungan mereka dalam peluncuran Pasbar Siaga 112.

Dia menekankan pentingnya sosialisasi layanan ini kepada masyarakat, karena peran mereka sangat krusial dalam memberikan informasi awal terkait keadaan darurat atau bencana yang terjadi di Pasbar.

“Mohon kepada camat, wali nagari dan semua yang turut hadir mensosialisasikan kepada masyarakat tentang Layanan Panggilan Darurat Pasbar Siaga 112 ini. Kita berharap dari sinilah, secara resmi kita dapat informasi tentang kejadian dan bencana di Pasbar.  Ke depan lebih kita lengkapi lagi sarana dan prasarana penunjang,” ungkapnya.

General Manager Business Development PT Digital Sandi Indonesia, Hary Fridayanto, menyatakan kesiapannya untuk mendukung penuh layanan kedaruratan 112 di Pasbar. Dia berharap bahwa layanan ini akan memberikan manfaat langsung bagi masyarakat Pasbar.

Kadis Kominfo Pasbar Imter Pedri  menjelaskan, layanan Pasbar Siaga 112 ini bermula dari musibah gempa bumi besar yang mengguncang Kabupaten Pasaman Barat pada tahun 2022 lalu.

“Pasbar Siaga 112 sangat diharapkan dapat membantu masyarakat dalam mendapatkan berbagai layanan darurat. Layanan Pasbar Siaga 112 melibatkan berbagai OPD dan instansi seperti Dinkes, RSUD, PMI, Satpol PP dan Damkar, BPBD, Basarnas dan Polres serta TNI,” ujarnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, Personil Pasbar Siaga 112 terdiri dari petugas Call Taker, Petugas Dispatcher dan Responder.

Personil yang bertugas sebagai Call Taker dan sekaligus sebagai Dispatcher berjumlah 11 personil. Sementara untuk responder, merupakan petugas sesuai dengan layanan yang berada pada masing-masing instansi terkait.

“Diharapkan kepada semua OPD dan instansi yang terlibat di Tim Koordinasi Pasbar 112 ini dapat bekerjasama dengan baik. Sehingga dapat menindaklanjuti aduan dari masyarakat dengan cepat dan tepat. Ke depannya diharapkan semakin banyak dan instansi yang terlibat agar Pemkab Pasbar bisa memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat,” jelas Imter Pedri.

Peluncuran Pasbar Siaga 112 secara resmi ditandai dengan penandatanganan Kesepakatan Bersama Dukungan Layanan Panggilan Darurat Pasbar Siaga 112 antara Forkopimda dan OPD terkait. (taufik)

Editor: Denni Risman

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

GALERI 24