Ancaman Kapolda Riau: Mencopot Kasat Polair dan Kabag Ops Jika Terjadi Kecelakaan Laut

Ancaman Kapolda Riau: Mencopot Kasat Polair dan Kabag Ops Jika Terjadi Kecelakaan Laut
Kapolda Riau Irjen M Iqbal mengancam copot Kasatpol Air jika terjadi kecelakaan laut (ist)
HARRIS BARELANG

RIAU – Kapolda Riau, Irjen Mohammad Iqbal, mengancam akan mencopot Kabag Ops dan Kasat Polair jika terjadi kecelakaan di wilayah perairan.

Ancaman tersebut disampaikan Irjen Iqbal dalam Rakor Lintas Sektoral Persiapan Libur Hari Raya Idul Fitri 1445 H. Kapolda secara tegas meminta personel untuk menanggapi serius khususnya di wilayah perairan.

“Kasatpolair, Kabag Ops kalau ada kecelakaan laut saya ganti. Ini saya ingatkan betul, tracing betul sejak dini kalau ada lagi yang menonjol saya copot,” tegas Iqbal pada Kamis (28/3).

Ancaman tersebut bukan tanpa alasan. Pada arus balik tahun 2023, terjadi kecelakaan kapal SV Evelyn Calisca di Indragiri Hilir.

Kecelakaan itu terjadi pada 27 April setelah kapal berangkat dari Tembilahan, Indragiri Hilir menuju Tanjung Pinang di Kepulauan Riau.

Saat kecelakaan, kapal tersebut mengangkut sebanyak 79 orang dan menyebabkan 11 di antaranya tewas.

Menanggapi kejadian tersebut, Irjen Iqbal langsung berangkat ke lokasi kecelakaan dan menyaksikan langsung proses evakuasi para korban.

“Tahun lalu kejadian saya tidak mau ada lagi. Saya warning kepada semua operator dan pemilik kapal lain juga jangan hanya memanfaatkan keuntungan semata, yang harus dikedepankan adalah keselamatan,” tegas Iqbal.

Untuk mencegah terulangnya kecelakaan serupa, Iqbal meminta semua personel di jajaran untuk terus berkoordinasi dan berkolaborasi dengan semua pihak. Termasuk instansi terkait, demi keselamatan bersama selama arus mudik dan arus balik pada hari raya Idul Fitri tahun 2024. (kur)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

GALERI 24 PKP PROMO ENTENG