Kiriman Daging Kurban dari Arab Saudi Akan Bantu Penanganan Stunting di Indonesia

Kiriman Daging Kurban dari Arab Saudi Akan Bantu Penanganan Stunting di Indonesia
Indonesia akan menerima kiriman daging kurban jamaah haji asal Indonesia di Makkah (ilustrasi)

JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengumumkan bahwa Indonesia akan menerima kiriman daging kurban dari Arab Saudi. Daging itu berasal kurban jamaah haji Indonesia.

Daging ini akan dibawa ke Tanah Air dan didistribusikan dalam bentuk olahan kalengan untuk membantu upaya penanganan stunting.

Muhadjir Effendy menyampaikan hal ini usai salat Idul Adha di Gedung Pusat Dakwah PP Muhamamdiyah Menteng, Jakarta Pusat.

KPU KEPRI

Menurutnya, proses pemotongan hewan kurban di Makkah telah dilakukan sesuai standar dan dalam pengawasan ketat. Sehingga daging kurban yang akan dibawa ke Indonesia dipastikan layak dan sehat.

“Insya Allah nanti daging kurban yang berasal dari jemaah haji Indonesia yang disembelih di Makkah itu juga nanti sebagian akan dibawa kembali ke Indonesia dalam bentuk daging yang sudah olahan ya, dalam kaleng. Nanti akan kita bagikan kepada masyarakat khususnya dalam ikut serta menanggulangi stunting,” ujar Muhadjir Effendy.

Meskipun belum ada jumlah pasti daging kurban yang akan dikirim, Muhadjir Effendy telah berkoordinasi dengan Kementerian Pertanian dan BPOM untuk memastikan proses penyaluran daging kurban tersebut dapat berjalan lancar.

“Saya sampai sekarang belum mendapatkan laporan berapa ton yang bisa dikirim. Tapi akan kita kirim sebanyak-banyaknya karena masih ada koordinasi juga dengan pihak produsen di sana,” tambahnya.

Langkah ini diharapkan dapat meningkatkan konsumsi gizi masyarakat Indonesia, terutama protein, serta membantu mereka yang membutuhkan perbaikan gizi, dalam upaya mengurangi angka stunting di Tanah Air. (*)

Sumber: cnbc

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

GALERI 24 PKP EXPO