Antusiasme Tinggi, PPDB Online Jalur Bosda Afirmasi di Riau Penuhi Kuota di Beberapa Sekolah

Antusiasme Tinggi, PPDB Online Jalur Bosda Afirmasi di Riau Penuhi Kuota di Beberapa Sekolah
Plt Kadisdik Riau Roni Rahmat (ist)

PEKANBARU – Sejak dibuka Selasa (2/7/2024) pukul 00.00 WIB hingga Kamis (4/7/2024), pelaksanaan Kegiatan PPDB Online Jenjang SMA dan SMK Swasta Provinsi Riau Jalur Bosda Afirmasi terlihat telah memenuhi kuota di beberapa sekolah.

Antusiasme calon siswa terhadap Jalur Bosda Afirmasi sangat tinggi, terlihat dari banyaknya sekolah yang telah terisi penuh dan adanya pergeseran peringkat pendaftar.

Di Kota Pekanbaru, SMA dan SMK Swasta di bawah persyarikatan Muhammadiyah menjadi favorit. SMAS Muhammadiyah 1 Pekanbaru menjadi pilihan terbanyak untuk jenjang SMA. Sementara SMKS Muhammadiyah 1 Pekanbaru menduduki puncak pilihan calon peserta didik baru untuk jenjang SMK.

KPU KEPRI

Plt Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Riau, Roni Rakhmat, menyampaikan bahwa di Kabupaten Bengkalis, sekolah swasta yang paling diminati adalah SMKS Korpri Duri dan SMAS Dharma Bhakti Duri.

Di Kota Dumai, SMKS Taruna Persada menjadi pilihan terbanyak untuk jenjang SMK, sedangkan SMAS PGRI Dumai menjadi pilihan terbanyak untuk jenjang SMA. Di Kabupaten Pelalawan, SMKS Arsya Ganeeta Indonesia menjadi pilihan utama untuk jenjang SMK.

“Dengan melihat antusiasme masyarakat yang masih tinggi untuk memilih sekolah melalui Jalur Bosda Afirmasi ini, Dinas Pendidikan Provinsi Riau berencana memperpanjang jadwal pendaftaran dengan membuka penerimaan PPDB Online Jenjang SMA dan SMK Swasta Jalur Afirmasi Tahap II,” ungkap Roni.

Perpanjangan jadwal pendaftaran akan dilakukan setelah pengumuman penerimaan tahap pertama. Untuk diketahui, link pendaftaran calon peserta didik baru Jalur Bosda Afirmasi SMA dan SMK Swasta Provinsi Riau adalah http://ppdb.riau.go.id.

Roni juga menyampaikan bahwa Dinas Pendidikan Riau memberikan layanan pendaftaran offline di Kantor Dinas Pendidikan Provinsi Riau, Jalan Cut Nyak Dien Pekanbaru. Khusus, bagi calon peserta didik baru Jalur Bosda Afirmasi SMA/SMK Swasta yang mengalami kendala dalam mendaftar lewat aplikasi PPDB Online. Pendaftaran offline dibuka pada jam kerja, mulai pukul 08.00 WIB hingga 16.00 WIB.

Calon peserta didik baru diharapkan memenuhi persyaratan pendaftaran, antara lain dokumen kependudukan, dokumen akademis, serta melampirkan Kartu Indonesia Pintar atau surat rekomendasi dari Dinas Sosial Kabupaten/Kota yang menyatakan terdaftar dalam DTKS atau surat keterangan tidak mampu dari kelurahan.

“Petugas Dinas Pendidikan Provinsi Riau akan mendata calon peserta didik baru tersebut dan akan menyalurkan ke SMA/SMK Swasta yang dituju,” pungkas Roni. (kur)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

GALERI 24 PKP EXPO