Diawasi Berlapis, PPDB  Jenjang SMA dan SMK Negeri Berjalan Baik di Riau

Diawasi Berlapis, PPDB  Jenjang SMA dan SMK Negeri Berjalan Baik di Riau
Plt Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Riau, Roni Rakhmat,

PEKANBARU – Pelaksanaan Kegiatan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online untuk jenjang SMA dan SMK Negeri di Provinsi Riau tahun 2024 telah selesai dilaksanakan. Proses ini ditandai dengan pelaksanaan Pendaftaran Ulang bagi calon peserta didik yang telah dinyatakan lulus dalam seleksi PPDB, yang berlangsung dari tanggal 2 Juli 2024 hingga 5 Juli 2024.

Menurut Plt Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Riau, Roni Rakhmat, semua peserta didik baru yang lulus telah melakukan pendaftaran ulang di satuan pendidikan masing-masing atau sekolah. Bagi yang berhalangan, mereka telah melakukan konfirmasi dengan pihak sekolah.

“Dengan selesainya pendaftaran ulang ini, semua proses Penerimaan Peserta Didik Baru Jenjang SMA dan SMK Negeri Tahun 2024 dapat kami nyatakan selesai. Mulai tanggal 9 Juli hingga 11 Juli 2024, peserta didik baru akan mengikuti Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di masing-masing satuan pendidikan,” ungkapnya.

KPU KEPRI

Roni juga menegaskan bahwa pelaksanaan PPDB ini dilakukan dalam “satu putaran”, yang berarti tidak ada penambahan peserta didik baru setelah pendaftaran ulang selesai. Seluruh proses ini dipantau ketat oleh berbagai instansi seperti Ombusmen, saberpungli, BPMP, bahkan KPK untuk memastikan sesuai dengan regulasi.

“Kami berharap masyarakat memahami hal ini. Untuk calon peserta didik baru kurang mampu yang tidak lulus dalam seleksi PPDB di sekolah negeri, Pemerintah Provinsi Riau menyediakan PPDB Jenjang SMA dan SMK Swasta melalui Jalur Afirmasi, dimana mereka akan mendapatkan pendidikan gratis,” jelas Roni.

Dari data Penerimaan Peserta Didik Baru Jalur Afirmasi untuk SMA dan SMK Swasta, sebagian besar sekolah sudah terpenuhi kuota yang diberikan, namun masih ada yang belum terpenuhi. Untuk mengatasi hal ini, Dinas Pendidikan Provinsi Riau telah menginstruksikan satuan pendidikan untuk memanggil calon peserta didik baru yang berada di luar rangking dengan mempertimbangkan jarak terdekat sekolah dengan tempat tinggal mereka.

“Karena masih ada antusiasme masyarakat dan kuota yang belum terpenuhi, kami memutuskan untuk memperpanjang waktu pendaftaran hingga tanggal 10 Juli 2024,” tambahnya.

Bagi calon peserta didik baru yang belum mendaftar, mereka dapat melakukannya secara offline di sekolah yang dituju atau melalui layanan pendaftaran offline di Dinas Pendidikan Provinsi Riau. Syaratnya antara lain adalah dokumen kependudukan, dokumen akademis dengan melampirkan Kartu Indonesia Pintar (KIP), atau surat keterangan terdata dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dari Dinas Sosial Kabupaten/Kota di Provinsi Riau, atau Surat Keterangan Tidak Mampu dari kelurahan.

“Ada 37 SMK Swasta dan 13 SMA Swasta yang sudah bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Provinsi Riau dan dapat dipilih oleh calon peserta didik baru. Informasi lebih lanjut dapat dilihat di website resmi PPDB Online Jenjang SMA dan SMK Swasta Jalur Afirmasi di https://ppdb.riau.go.id/admin/data_swasta,” pungkasnya. (kur)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

GALERI 24 PKP EXPO