Pemkab Lingga Bangga Sultan Mahmud Riayat Syah Jadi Pahlawan Nasional

Wakil Bupati Lingga Nizar
HARRIS BARELANG

WARTAKEPRI.co.id, LINGGA – Melalui proses dan perjalanan panjang sejak tahun 2013 yang lalu, akhirnya Sultan Mahmud Riayat Syah positif akan dinobatkan Presiden RI Joko Widodo sebagai Pahlawan Nasional dalam waktu dekat.

Positifnya Sultan Mahmud Riayat Syah disetujui sebagai Pahlawan Nasional juga dikuatkan dengan adanya konferensi pers yang dilakukan oleh Dewan Gelar bahwa tahun 2017 ini sebanyak tiga orang tokoh mendapatkan anugerah tersebut.

Adapun ketiga tokoh itu yakni, Sultan Mahmud Riayat Syah dari Kabupaten Lingga, Kepri. Kemudian Malahayati dari Nanggroe Aceh Darussalam, dan terakhir Tuanku Abdul Majid dari Nusa Tenggara Barat.

“Kami dari pemerintah daerah sangat bersyukur sekali karena di Hari Ulang Tahun Kabupaten Lingga ke-14 ini, kita mendapat kado istimewa yang isinya sangat luar biasa. Yaitu kita akan memiliki seorang Pahlawan Nasional yang berasal dari kampung kita yaitu Lingga,” ujar Wakil Bupati Lingga Muhammad Nizar, Selasa (7/11/2017).

Dikatakannya, pengajuan Sultan Mahmud Riayat Syah sebagai Pahlawan Nasional ini cukup berliku-liku dan tidak semudah membalikkan telapak tangan. Hal ini di karenakan dokumennya tidak berada di satu tempat di Kabupaten Lingga, atau di daerah lain di Kepri. Akan tetapi ada di luar negeri.

“Kita juga apresiasi kinerja tim yang selama ini telah bersusah payah mengumpulkan dan hingga ke Belanda serta negara lainnya,” ujarnya.

Dengan demikian, ia berharap masyarakat Kepulauan Riau khususnya Kabupaten Lingga dapat mengenal lebih dalam tentang Sultan Mahmud Riayat Syah. (ravi)

Editor : Ichsan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

GALERI 24
PKP PROMO ENTENG