Dampak Buruk Duduk Sambil Menyilangkan Kaki

WARTAKEPRI.co.id – Beberapa orang, tanpa sadar, sering menyilangkan kaki saat duduk. Kaki kanan ditumpukkan di atas kaki kiri, atau sebaliknya. Ternyata, gaya duduk sambil menyilangkan kaki, tersimpan berbagai dampak buruk yang bisa berpengaruh pada kesehatan tubuh anda.

Mengutip dari halaman beritagar beberapa ahli berpendapat  dampak buruk yang bisa berpengaruh pada kesehatan tubuh anda jika anda duduk seperti ini. Ini bukan hanya berdampak pada kesehatan kaki saja, namun juga bisa menjalar ke tulang belakang dan leher.

Seorang terapis orthopedi fisik Vivian Eisenstadt, mengatakan bahwa duduk sambil menyilangkan kaki akan membebani tulang belakang. Beban yang ditimpakan ke punggung saat orang duduk menyilangkan kaki disebabkan karena posisi pinggang yang sedikit bengkok.

KPU KEPRI

Hal ini bisa menyebabkan ketidak seimbangan pada panggul. Akibatnya, ada tekanan pada sepanjang tulang belakang yang berpotensi menyebabkan nyeri punggung dan sakit leher.

Menurut Deirdre Mattina MD, dari American College of Cardiology, menyilangkan kaki menyebabkan tekanan darah meningkat secara temporer. Dokter seringkali meminta pasien untuk meluruskan kaki saat melakukan tes darah.

Mattina menjelaskan, sejauh ini tidak ada efek jangka panjang terhadap kesehatan jantung akibat menyilangkan kaki saat duduk. Meski demikian, Martina mengingatkan ada baiknya Anda mengkhawatirkan seberapa lama Anda duduk, ketimbang bagaimana cara Anda duduk.

“Pada dasarnya, semakin lama Anda duduk, semakin cepat Anda mati,” ujar Mattina seperti dikutip Prevention.

Seorang ahli jantung Dr. Hooman Madyoon di Cedars Sinai Medical Center, mengatakan bahwa menyilangkan kaki meningkatkan tekanan pembuluh darah yang bertugas mengembalikan darah ke jantung.

Tekanan satu kaki menghambat aliran darah yang bisa melemahkan bahkan merusak pembuluh darah di kaki. Sehingga darah dapat berkumpul di kaki dan menyebabkan varises.

Namun pendapat ini ternyata belum terbukti. Satu pendapat mengatakan, varises bisa disebabkan faktor keturunan. Tetapi yang lain mengatakan menyilangkan kaki bisa merusak pembuluh darah sehingga terjadi kebocoran.

Tetapi, menyilangkan kaki ternyata juga punya manfaat, yakni cara sederhana menolong orang yang pingsan. Intinya adalah kemungkinan terjadi kerusakan masih ada, namun tidak begitu parah.

Risiko lain saat mempunyai kebiasaan duduk sambil menyilangkan kaki adalah tekanan pada saraf pereneal yang meningkat. Richard Gaves, seorang ahli penyakit kaki, menyebutkan bahwa saraf utama yang ada di kaki ini membujur di bawah lutut lalu menjalar ke sisi luar kaki.

Sumber Foto : pubinfo

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

GALERI 24 PKP EXPO