Berjumpa 2 Jam, Inilah Pesan BJ Habiebie Kepada Hatanto Reksodipoetro

152

WARTAKEPRI.co.id ,  JAKARTA – Jajaran Pimpinan BP Batam yang dipimpin oleh Kepala BP Batam, Hatanto Reksodipoetro bersama Wakil Kepala BP Batam, Agus Tjahayana Wirakusumah dan seluruh anggota Deputi, berkunjung ke Kediaman Tokoh Besar Pembangunan Batam, B.J Habibie, pada hari Jumat (22/4/2016), jalan Patra Kuningan XIII no 1 Jakarta.

BJ habibie selaku mantan Presiden Republik Indonesia ke 3, yang juga sebagai salah satu Ketua Otorita Batam. Sejarah pulau Batam yang menjelma menjadi kawasan industri bergengsi tak lepas dari sejarah kepemimpinannya.

Direktur Promosi dan Humas BP Batam, Purnomo Andiantono Pertemuan yang berlangsung selama kurang lebih 2 jam diawali dengan perkenalan jajaran Deputi oleh Kepala BP Batam, Hatanto Reksodipoetro.

Hatanto mengutarakan maksud dari kedatangan jajarannya, selain bersilaturahmi sekaligus memperkenalkan diri serta meminta dukungan dan saran demi perkembangan BP Batam dalam membangun Batam. Pertemuan ini sendiri, disambut baik oleh BJ Habibie, yang merupakan tokoh besar dalam sejarah perkembangan Batam.

Dalam pertemuan ini, B.J Habibie mengungkapkan kembali tentang sejarah berdirinya Otorita Batam yang sekarang menjadi BP Batam.

Awal mula penugasan Habibie oleh Presiden Soeharto kala itu adalah untuk melanjutkan pengelolaan pembangunan Pulau Batam sekaligus merubah Pulau Batam yang sebelumnya hanya sebagai basic logistic oleh Pertamina, di lanjutkan pada masa pengelolaanya oleh BJ Habibie yang sekaligus merubah fungsi Pulau Batam menjadi daerah Istimewa yang bisa di jadikan percontohan daerah daerah lain di Indonesia.

Sebagai salah satu contoh yang diungkapkan oleh Habibie adalah mengenai pembangunan 6 jembatan Barelang yang menghubungkan beberapa pulau di Batam dengan tekhnologi pembuatan jembatan tersebut yang di bangun oleh orang Indonesia dan juga satu-satunya teknologi yang ada di Indonesia yang kemudian seiiring dengan waktu Barelang dijadikan sebagai contoh pembanguan jembatan di wilayah lain, seperti Suramadu.

Kekaguman Kepala BP Batam terhadap BJ Habibie dalam konsep melakukan pembangunan Batam diungkapkan Hatanto. Beliau meminta saran dan kritikan sekaligus masukan guna percepatan pembangunan Batam kedepan sehingga tujuan dari pembanguan Batam yang di cita citakan habibie dapat terwujud.

” Dengan Bismilah semua percepatan pembanguan Pulau Batam oleh BP Batam harus segara di wujudkan, diawali dari peraturan-peraturan dasar yang secara cepat harus dirubah”, ungkap Habibie.

Habibie menambahkan bahwa perubahan perlu dilakukan, dimulai dengan merubah peraturan yang sifatnya menghambat pembangunan Batam, konsep peraturan Undang-Undang untuk Batam harus lebih modern, serta jadikan sumber daya manusia di batam dengan produktifitas yang tinggi.

Habibie juga menyampaikan terima kasih pada Kepala BP Batam beserta jajaranya karena bersedia di tugaskan untuk melanjutkan pembangunan Batam.

” Lanjutkan Estafet Pembangunan Batam sehingga misi untuk pembangunan ini dapat terwujud, lanjutkan pembanguan Batam jangan hanya berjalan tapi pembanguan harus jauh melompat ke depan,” ujar habibie.

Habibie menambahkan dirinya siap turut serta dalam pembangunan Batam.

” Jadikan saya sebagai bagian tim pembangunan Batam anytime tidak ada masalah untuk berdiskusi demi pembanguan Batam, jadikan Batam sebagai Economic Center atau pusat ekonomi nasional sebagai percontohan di Indonesia,” semangat Habibie menutup kegiatan silaturahmi ini.(r/ded)

DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO PEMKO BATAM Combo Sakti Telkomsel