ANDA WAJIB TAHU..Bakar Hutan di Batam Dihukum Penjara Selama 18 Bulan

86

WARTAKEPRI.co.id, BATAM – Dalam pembacaan putusan terdakwa Suwito dan Boeren oleh Majelis Hakim yang diketuai Arozidhu Waruwu SH yang didampingi Taufik Nainggolan dan Muhammad Chandra SH, Kamis (19/5/2016) di Pengadilan Negeri Batam. Usai membacakan penjelasan, akhirnya hakim menjatuhkan hukuman penjara kepada Boeren dan Suwito selama 18 bulan.

Menurut hakim, kebakaran/pembakaran Hutan dan Lahan menimbulkan dampak terhadap kerusakan lingkungan, tidak hanya sekedar musnahnya ekosistem tapi kabut asap yang ditimbulkannya menjadi monster yang merusak kehidupan.

Pembakaran hutan atau lahan merupakan kejahatan yang harus diperangi secara komprehensif oleh setiap pihak. Salah satu upaya untuk membalas pelaku pembakaran hutan atau lahan adalah dengan mengenakan hukuman pidana penjara dan denda semaksimal mungkin, untuk membuat jera dan menjadi pelajaran bagi yang melakukan perbuatan tersebut.

Atas perbuatan terdakwa Boeren dan Suwito maka pasal sanksi pidana bagi pelaku pembakaran atau orang yang membakar hutan dan lahan ini adalah ; Undang Undang No. 41 Tahun 1999 tentang Kehutanan: Pasal 50 ayat (3) huruf d : Setiap orang dilarang membakar hutan.

Kemudian, Pasal 78 ayat (3) yaitu ; Barang siapa dengan sengaja melanggar ketentuan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 50 ayat (3) huruf d, diancam dengan pidana penjara.

PKPONLINE PKP DREAMLAND

Setelah mempertimbangan dakwaan JPU dan menolak pembelaan dari Penasehat hukum (PH) terdakwa karena unsur pidananya terpenuhi. Maka kedua terdakwa dijatuhi hukuman penjara selama 1 tahun 6 bulan denda Rp100 juta subsider 3 kurungan.

Putusan Majelis hakim lebih ringan 6 bulan dari tuntutan jaksa sebelumnya 2 tahun. Atas putusan tersebut, Liardo Sinaga SH selaku PH kedua terdakwa menyatakan pikir pikir dulu dan termasuk Jaksa Triyanto SH.

Tampak kedua terdakwa pembakar hutan pantai Malay Barelang, Suwito dan Boeran, terlihat kurus, pucat dan lesuh. Sekalipun kedua terdakwa didampingi panasehat hukumnya, Liardo Sinaga SH sejak disidangkan.(nikson)

Komentar Anda

Polling Bakal Pasangan Calon Gubernur Kepri Periode Agustus 2020 versi WartaKepri.co.id

DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO