Resiko Ketika Ngecas Smartphone di Pematik Api Mobil – WartaKepri.co.id
5 views

Resiko Ketika Ngecas Smartphone di Pematik Api Mobil





WARTAKEPRI.co.id Musim mudik mungkin masih empat minggu lagi. Mudik menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil telah menjadi tradisi. Dan, salah satu peralatan yang tidak boleh tinggal dalam berkendara adaah telepon genggam.

Telepon harus posisi on terus, dan fasilitas mengecas daya baterai handphone melalui terminal cas pemetik menjadi pilihan.

Tapi, dampak keseringan menggunakan atau mengecas baterai ponsel atau smartphone di mobil ternyata dapat merusak daya tahan baterai Hp itu sendiri, dan bisa berdampak cepat jebol.

Dalam beberapa keterangan dari pihak bengkel kelistrikan otomotif, mengisi baterai smartphone melalui colokan lighter atau pematik api di mobil bikin baterai cepat jebol.

Marketing Manager Bosch Dedy Ismanto menjelaskan, bahwa pengecasan di mobil dengan cara itu sebenarnya tidak masalah karena memang sudah disediakan oleh pabrikan. Namun yang harus diperhatikan adalah jangan mengisi baterai secara berlebihan apalagi dibiarkan menempel terlalu lama.

Karena bisa bikin baterai smartphone Anda menjadi panas. Termasuk pengaruh tegangan listrik mobil yang kurang stabil karena putaran mesin yang turun-naik.

“ Risiko jangka panjang mengisi baterai smartphone di mobil terlalu lama bikin umur baterai lebih pendek dan cepat jebol. Panas yang ditimbulkan juga bisa membuat komponen mobil yang terbuat dari bahan karet jadi cepat getas dan kering, bahkan bisa terbakar,” terang Dedy.

Dedy menyarankan, pengecasan HP dalam mobil sebaiknya tidak untuk pemakaian harian, dan gunakan hanya saat keadaan darurat atau apabila dibutuhkan. Selain bikin umur baterai HP lebih awet, berkendara juga menjadi lebih aman.(metrotv/ded)



PKP DREAMLAND
FANINDO
WIRARAJA
DEWAN PERS WARTAKEPRI

Pendapat Anda

5 views