Walikota Batam : Anak Pulau Berprestasi Bisa Jadi Pegawai – WartaKepri.co.id
23 views

Walikota Batam : Anak Pulau Berprestasi Bisa Jadi Pegawai





WARTAKEPRI.co.id, BATAM – Pemerintah Kota Batam ingin mengkader anak anak pulau untuk bisa menikmati kuliah secara gratis, melalui program bea siswa pendidikan. Sejak lama Pemko Batam telah membuat program dua beasiswa. Pertama beasiswa prestasi untuk mahasiswa dan beasiswa bagi anak hinterland sekolah menengah.

Beasiswa prestasi yaitu berupa bantuan biaya kuliah di universitas-universitas ternama bagi yang diterima tanpa tes. Beasiswa ini diberikan kepada 60 mahasiswa undangan di Universitas Indonesia, Universitas Gajah Mada, Institut Teknologi Bandung, dan Institut Pertanian Bogor.

” Tapi dengan perjanjian setelah tamat mereka harus kembali. Karena saya ingin mengkader pegawai ini, supaya anak yang pinter-pinter semua,” ujarnya Walikota Batam, Rudi usai Safari Ramadhan di Masjid At-Taqwin di Pulau Pecong Kecamatan Belakangpadang.

Untuk beasiswa hinterland diperuntukkan bagi anak-anak lulusan SMA/sederajat di pulau-pulau sekitar Batam. Tiap tahun dianggarkan untuk 75 anak hinterland. Ditargetkan, lima tahun kedepan semua anak berprestasi di Batam mendapat bea siswa.

Dalam kunjungan ke Belakangpadang ini, Pemerintah Kota Batam akan membangun sekolah menengah di Pulau Pecong, Kelurahan Pulau Pecong, Kecamatan Belakangpadang.

” Karena pulau di Batam hampir 280, maka dibuat bergilir. Lima tahun saya menjabat insya Allah selesai semua pulau dapat,” kata Rudi.

Menurut Rudi program wajib belajar 12 tahun ini baru Batam yang melaksanakannya. Karena secara nasional wajib belajar hanya sampai 9 tahun.

Sementara bagi Batam, lulusan SMP tidak cukup untuk menjawab tantangan dunia kerja. “Kalau nasional masih 9 tahun, Batam sudah 12 tahun. Karena kalau hanya lulusan SMP tak bisa apa-apa,” ujarnya.(humas/ded)



PKP DREAMLAND
FANINDO
WIRARAJA
DEWAN PERS WARTAKEPRI

Pendapat Anda

23 views