Jaksa Tidak Siap Soal Tuntutan Wardiaman, Hingga 4 Kali Ditunda – WartaKepri
19 views

Jaksa Tidak Siap Soal Tuntutan Wardiaman, Hingga 4 Kali Ditunda

PKP DREAMLAND

WARTAKEPRI.co.id, BATAM – Terdakwa Wardiaman Zebua dalam perkara pembunuhan terhadap alm.Dian Milenia Trisna Afiefa (Nia), sudah 4 kali ditunda oleh Pengadilan Negeri Batam.

Sidang dengan agenda tuntutan terdakwa Wardiaman, masih harus di undur alias ditunda. Kedua Jaksa Penuntut Umum (JPU) yang memperkarakan terdakwa yakni Bani Ginting dan Rumondang Manurung mengaku belum siap akan bacaan tuntutan terdakwa. Kedua JPU itu kembali meminta penambahan waktu kepada Majelis Hakim untuk menyelesaikan nota tuntutan.

“Tuntutan belum selesai dibuat yang mulia. Mohon beri kami waktu seminggu lagi tepatnya Kamis depan,” ujar JPU Rumondang, Kamis (14/7).

Menilik pada masa tahanan terdakwa yang akan habis (10/8) mendatang, Hakim Ketua Zulkifli, didampingi Hakim Anggota Hera Polosia dan Iman Budi Putra Noor dengan sepakat tidak menyetujui permintaan JPU.

“Masa penahanan terdakwa sudah hampir habis dan tidak bisa diperpanjang lagi,” tegas Hakim Zulkifli SH.

Sesuai perhitungan, Majelis Hakim meminta agar JPU bisa membacakan tuntutan terdakwa Wardiaman pada Selasa (19/7). “Kami tidak bisa memberi waktu lebih. Selasa depan sudah harus dibacakan, jika tidak ingin terdakwa bebas demi hukum,” ancam hakim.

Apabila tuntutan tetap tidak kunjung selesai Selasa (19/7) depan, maka Majelis Hakim sepakat untuk mengambil sikap. Tegas Hakim Zulkifli SH.

Diterangkannya, alasan belum selesainya tuntutan karena pihak JPU yang belum rampung membuat nota tuntutuan itu, bukan karena keterlambatan pengesahan rencana tuntutan (Rentut).

“Jika terkendala pada rentut, kami (Majelis) yang akan menyurati Kejagung langsung. Jadi ini jelas kelalaian dari pihak JPU sendiri,” sebut Hakim Zulkifli.

Atas penegasan tersebut, kedua JPU bersedia untuk menyanggupi ketegasan dari Majelis Hakim. Sidang pun ditutup dan berlanjut Selasa (19/7) depan.

Terlihat, terdakwa Wardiaman tetap tenang mengikuti persidangan, karena apa yang didakwakan kepadanya hingga saat ini tidak pernah diakuinya.

Sembilan Penasehat Hukum (PH) terdakwa mendampingi Wardiaman.
Sebelumnya, sidang Wardiaman berakhir pada agenda penyerahan bukti surat dari PH terdakwa pada majelis hakim.

Dari sembilan bukti surat itu, dua diantaranya merupakan surat izin berobat Wardiaman yang tidak disetujui pihak penyidik, setelah Wardiaman mengalami penganiayaan. Dan satunya lagi merupakan bukti foto-foto bekas penganiayaan yang ada ditubuh Wardiaman.

Diharapkan, dari bukti surat yang diserahkan dapat membantu memberi keringanan pada putusan yang akan dijatuhkan majelis hakim usai tuntutan JPU. ( nikson simanjuntak )

Komentar Anda



FANINDO
DEWAN PERS WARTAKEPRI

PEMPROV KEPRI
DPRD BATAM
PEMKO BATAM
DPRD ANAMBAS
PEMKAB ANAMBAS
PEMKAB BINTAN
DPRD KARIMUN
PEMKAB KARIMUN
DPRD LINGGA
PEMKAB LINGGA