‎ ‎ KAL Marapas Produksi Tesco  Perkuat Lantamal IV Tanjungpinang

628
WARTAKEPRI.co.id, TANJUNGPINANG – Sebanyak tiga Kapal Patroli (KAL 28 Meter) buatan dalam negeri “Tesco Indomaritim” perkuat jajaran TNI Angkatan Laut. Ketiga kapal tersebut adalah KAL Marapas, KAL Lemukutan dan KAL Bunyu.
Acara penyerahan kapal dari Tesco Indomaritim kepada TNI Angkatan Laut dipimpin oleh Asisten Logistik (Aslog) Kasal Laksamana Muda TNI Mulyadi, Senin (5/9/2016) di Jetski Cafe, Pantai Mutiara, Jakarta Utara.
Ketiga kapal tersebut memiliki panjang 28 meter, lebar 5,85 meter, kecepatan maksimum 28 knot, daya tahan hingga 648 Nm (36 jam pada kecepatan 18 knot), berat penuh 70 ton dan diawaki 15 personil ABK.
KAL Marapas akan memperkuat Lantamal IV Tanjungpinang, KAL Lemukutan memperkuat Lantamal XII Pontianak dan KAL Bunyu memperkuat Lantamal XIII Tarakan.
Dengan dimensi yang relatif kecil, kapal buatan Tesco Indomaritim akan dapat bermanuver dengan lincah, bahkan di alur perairan yang sempit sehingga mudah melakukan pengejaran, pengintaian terhadap berbagai ancaman kejahatan dan pelanggaran hukum dan kedaulatan di laut.
Kapal –kapal ini dirancang untuk melaksanakan tugas operasi keamanan laut terbatas dan memperkuat pengamanan di sekitar Pangkalan Angkatan Laut.
Pada kesempatan tersebut, Aslog Kasal Laksda TNI Mulyadi menyampaikan bahwa ketiga kapal tersebut merupakan hasil pengadaan Dismatal TA 2015 dan dengan  diserahkannya ketiga kapal tersebut, maka secara langsung akan menambah kekuatan TNI Angkatan Laut dalam  menjaga keamanan wilayah perairan Indonesia.
Sementara itu Danlantamal IV Laksma TNI S.Irawan mengatakan bahwa dengan bertambahnya  Alutsista KAL Marapas akan menambah sarana operasi Lantamal IV Tanjungpinang untuk mengamankan wilayah perairan kepulauan Riau. dan KAL Marapas ini merupakan produksi dalam negeri karya anak bangsa dan kita bangga mengunakan produksi dalam negeri Bangsa Indonesia. (*)
Rilis
‎Mayor, ‎Drs. Josdy Damopolii ‎
Kepala Dispen Lantamal IV
Honda Capella

FANINDO