Kapal Perpustakaan Keliling Lantamal IV Jadi Idola Pelajar di Pulau Numbing

504
WARTAKEPRI.co.id, TANJUNGPINANG – ‎Lantamal IV Tanjungpinang mengerahkan KAL Pintar Mandiri-1 atau yang biasa dikenal dengan kapal perpustakaan laut keliling, untuk membantu mencerdaskan masyarakat pesisir di Kepri. Sasaran kali ini dengan ‎ melaksanakan kegiatannya pelayanan di P.Numbing kabupaten Bintan, Rabu (8/9/2016).
 
” Kehadiran kapal ini diharapkan dapat membantu mencerdaskan masyarakat dan meningkatkan tarap kesehatan masyarakat pesisir serta mensosialisasikan keselamatan pelayaran,‎” jelas Lantamal IV Tanjungpinang, Laksamana TNI S. Irawan S.E.‎
Kunjungan kapal pintar Mandiri-1 ke pulau Numbing di kemas bersamaan dengan bhakti sosial terbatas yang melibatkan dokter dan tenaga medis dari Dinas kesehatan Lantamal IV, sekaligus ajang mensosialisasikan keselamatan pelayaran kepada masyarakat nelayan setempat oleh Dinas Potensi Maritim (Dispotmar) Lantamal IV.
KAL Pintar Mandiri-1 mulai melaksanakan kegiatan membuka perpustakaan keliling dilaksanakan kamis 8 September pukul 09.00 WIB menerima kunjungan 75 orang siswa-siswi SD 001 Bintan pesisir yang terdiri dari kelas VI,50 orang kelas III,25 orang sedangkan pada pukul 11.50 WIB Kal Pintar Mandiri-1 menerima kunjungan 56 orang siswa-siswi  dari SMA Negeri-7 Bintan kunjungan secara bergilir dimaksudkan menyesuaikan dengan kafasitas KAL Mandiri dengan harapan agar para siswa tetap nyaman dan tidak berdesak-desakan.
Terlihat sejak pagi hari para siswa-siswi begitu antusias membaca berbagai koleksi buku-buku cerita, buku pelajaran bahkan berbagai alat peraga tersedia di ruang kapal perpustakaan tersebut, selain itu kapal perpustakaan juga tersedia beberapa komputer dilengkapi jaringan internet yang dapat diakses oleh siswa-siswi yang berkunjung.
Para siswa-siswipun terlihat semakin asik berlama-lama didalam kapal, selain ruangan kapal dilengkapi pendingin ruangan yang sejuk hal ini menambah kenyamanan pengunjung, walau terlihat agak sempit namun tidak menyurutkan semangat para siswa-siswi memadati ruang baca.
Sementara pada bagian lain  tim kesehatan Lantamal IV dipimpin Lettu Laut (K)  Dr. Bahri bekerja sama  dengan Puskesmas Pulau Numbing berhasil melaksanakan pemeriksaan dan pelayanan kesehatan secara gratis kepada 66 orang masyarakat Pulau Numbing.
Kehadiran tim kesehatan lantamal IV dipulau Numbing mendapat sambutan hangat dari masyarakat setempat hal ini turut seta membantu meningkatkan derajat kesehatan masyarakat pesisir Pulau Numbing.
Sesuai dengan fungsi asasinya KAL Pintar Mandiri-1 atau perpustakaan laut keliling dalam menjangkau masyarakat di daerah terluar atau pulau-pulau terpencil melalui program meningkatkan minat baca para pelajar karena dengan buku-buku yang bervariatif dan informatif merupakan jendela dunia dan akan menambah wawasan dan pengetahuan masyarakat yang ada di Kepri, kapal pintar ini sebagai perpustakaan keliling (mobile library).
Dirancang menjadi tempat belajar yang nyaman bagi pelajar, dengan segala sarana kelengkapan, kehadiran kapal pintar menjadi sesuatu yang ditungu-tunggu masyarakat pesisir kepri, koleksi dan variatif buku-buku yang dimiliki Kal Pintar Mandiri semakin menggugah minat baca para pelajar mulai dari SD,SMP hingga SMU dipulau terpencil.
Tidak hanya itu sejalan dengan banyaknya kasus kecelakaan laut yang dialami nelayan kita, tim Dinas Potensi Maritim (Dispotmar) Lantamal IV melaksanakan sosialisasi keselamatan pelayaran kepada para nelayan serta memberikan sosialisasi batas wilayah agar para nelayan dalam mencari nafkah di laut selalu memperhatikan batas wilayah negara. Memperhatikan cuaca serta melengkapi alat-alat keselamatan,dan komunikasi dan tidak melanggar hukum.
Danlantamal IV Laksma TNI S.Irawan mengatakan bahwa kita mencoba inovasi baru agar tidak menoton dan membosankan bahwa seperti kata peribahasa “Sekali merengkuh dayung dua,tiga pulau terlampaui”, seperti saat ini sekali kita bergerak ada tiga kegiatan yang dapat dilaksanakan untuk membantu masyarakat seperti pelayanan perpustakaan keliling.
Pelayanan Kesehatan oleh tim kesehatan Lantamal IV dan sosialisasi keselamatan pelayaran oleh Dinas Potensi Maritim Lantamal IV kepada masyarakat setempat, hal ini akan kita masukan agenda rutin atau menjadi kalender tahunan Lantamal IV dalam pemberdayaan KAL Pintar Mandiri-1, hal ini kita rencanakan secara periodik akan mengunjungi pulau-pulau terpencil yang ada dikepri, tentunya akan kita sesuaikan dengan kondisi waktu dan cuaca kata Danlantamal.
“ Kita akan berkoordinasi dengan pemerintah daerah setempat dan beberapa instansi dinas terkait  seperti Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan dan himpunan nelayan untuk melaksanakan kegiatan bersama-sama dan lebih mendekatkan diri antara Lantamal IV dengan masyarakat kita yang ada di pulau-pulau terpencil,”harapan Lantamal. (r/dedy swd)
DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO PEMKO BATAM Combo Sakti Telkomsel