Lis Ajak Sarjana di Tanjungpinang Kreatif dan Menjadi Enterprenuer

169
Lis Darmansyah

WARTAKEPRI.co.id, TANJUNGPINANG – Jumlah sarjana di Kota Tanjungpinang semakin banyak saat ini. Harapan setelah lulusan kuliah mendapatkan pekerjaan secepatnya tidak semudah dibayangkan. Karena, kesempatan kerja dengan lapangan pekerjaan di Kota Tanjungpinang sangat terbatas, dan inilah yang menjadi perhatian Walikota Tanjungpinang.

Walikota Tanjungpinang H.lis Darmansyah saat dijumpai mengisi acara penyerahan bantuan di Tanjung Unggat mengatakan memang ini salah satu permasalahan yang dialami setiap tempat khsususnya kota besar.

” Saat ini dari swata itu melalui disnaker dan sebentar lagi akan ada buka hotel yang akan membuka lowongan pekerjaan. Dan pemerintah sudah mengkonfirmasi diupayakan penerimaan terhadap lokal sebanyak 75 persen,” Rabu (28/9/2016)

Namun Pemerintah tidak bisa menampung semua yang belum mendapatkan pekerjaan, karena dari pemerintah belum ada pembukaaan penerimaan PNS.

” Dari pemerintah sendiri untuk saat ini belum ada pembukaan penerima PNS,” ungkapnya”

Lis menambahkan saran saat ini kita harus menanamkan prinsip enterpreuner, jangan hanya mengharapkan dapat pekerjaan saja.

” Tanamkanlah jiwa enterpreuner dengan mencoba buka usaha sendiri karena sekarang ini banyak kemudahan seperti contoh usaha online dan dari pemerintah siap membantu untuk yang tidak mempunyai modal bisa membentuk KUBE,” jelasnya.

Lanjut lagi Surjadi selaku kepala dinas sosial dan tenaga kerja Tanjungpinang mengatakan kalau pemerintah tidak menyediakan khusus untuk yang baru lulus.

Beliau juga menjelaskan beberapa waktu lalu ada program Job Fair yang merupakan salah satu strategi untuk yang mencari pekerjaan akan tetapi program tersebut tidak langsung menyelesaikan masalah tersebut.

” Yang terpenting sekarang untuk lulusan-lulusan dari negeri maupun swasta harus mampu mampu mencari peluang kerja, ikut pelatihan-pelatihan dan bersaing karena mereka mempunyai kelebihan tersendiri,” ungkapnya.(sapardi)

DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO PEMKO BATAM Combo Sakti Telkomsel