Anggota DPRD Batam Minta Direktur PT Pembangunan Batam Diganti‎ – WartaKepri
53 views

Anggota DPRD Batam Minta Direktur PT Pembangunan Batam Diganti‎

Warta Dewan Batam Absen 26 orang

PKP DREAMLAND

WARTAKEPRI.co.id, BATAM – Keberadaan BUMD, PT Pembangunan Batam milik Pemerintah Kota Batam terus disoroti oleh anggota dewan khususnya masyarakat Batam.

” Berdasarkan peraturan Pemerintah ( PP 25 tahun 2000 ) bahwa tujuan BUMD adalah memberikan sumbangsih pada perekonomian Nasional dan penerimaan kas negara, mengejar dan mencari keuntungan, pemenuhan hajat hidup orang banyak, perintis kegiatan-kegiatan usaha, memberikan bantuan dan perlindungan pada usaha kecil dan lemah,” tegas Faujan anggota komisi IV DPRD Kota Batam, Sabtu (29/10/2016).

Disamping itu, Pemerintah dalam artian Pemko Batam tidak boleh lengah dan terus memperbaiki kinerja dari Komisaris dan direktur BUMD yang sudah didirikannya. Perlu adanya restrukturisasi
perusahaan. Bertujuan untuk memperbaiki dan memaksimalisasi kinerja perusahaan.

Seharusnya perusahaan melakukan pembenahan supaya segera lepas dari krisis jika memang merugi, melalui perbaikan berbagai aspek perusahaan, mulai dari perbaikan portofolio perusahaan, perbaikan permodalan, perampingan manajemen, perbaikan sistem pengelolaan perusahaan, sampai perbaikan sumber daya manusianya, kata Fauzan.

Lanjut Fauzan, optimalisasi peran BUMD sebagai kekayaan negara yang terpisah, seharusnya lebih profesional transparan dan akuntable serta harus selalu merujuk kepada regulasi yang ada. Sementara, keberadaan BUMD PT Pembangunan Batam saat ini belum bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Kota Batam.

Untuk itu, kami sebagai wakil dari masyarakat meminta Pemerintah Kota Batam memberikan informasi yang benar atas keberadaan BUMN secara berkala, apakah untung atau rugi. Dan berapa besar kontribusinya terhadap APBD atau dibubarkan saja daripada menjadi beban pemerintah daerah. Pinta Faujan geram.

Sebelumnya anggota Komisi 1 DPRD Kota Batam, Nono Hadisiswanto dari Fraksi Partai Amanat Nasional (F PAN) dengan tegas mengatakan agar PT Pembangunan Batam, milik Pemerintah Kota Batam di bubarkan saja.

Badan Usaha Milik Daerah
( BUMD) Pemerintah Kota Batam ini, sudah berjalan selama 14 tahun sejak 3 Desembet 2002. Namun kontribusinya hanya nihil alias kenyang perut pribadi penggurusnya saja.

“PT Pembangunan Batam milik BUMD Kota Batam ini bubarkan saja, karena terus merugi,” kata Nono pada wartakepri saat itu.

Sementara, dalam peraturan daerah (Perda) Kota Batam nomor 1 tahun 2002, pasal 26 (2) menjelaskan; BUMD yang terus menerus merugi selama 3 (tiga) tahun harus melakukan restrukturisasi, penggabungan atau dibubarkan.

Ada apa dengan Hari Basuki selaku direktur utama PT. Pembangunan Batam dipertahankan. Selama 14 tahun menjabat tanpa ada pergantian pengurus sudah menjadi pertanyaan besar bagi masyarakat kota Batam. Sejalan disahkan berdasarkan keputusan nomor : KPTS. 352/HK/XII/2002 yang ditandatangani oleh Nyat Kadir Walikota saat itu, dengan komisaris utama Drs. R. Mambang Mit dan Drs. Buralimar, jabatan Hari Basuki tidak tergeserkan. Tegasnya. (nikson simanjuntak )

 

Komentar Anda



FANINDO
DEWAN PERS WARTAKEPRI

PEMPROV KEPRI
DPRD BATAM
PEMKO BATAM
DPRD ANAMBAS
PEMKAB ANAMBAS
PEMKAB BINTAN
DPRD KARIMUN
PEMKAB KARIMUN
DPRD LINGGA
PEMKAB LINGGA