Babak Baru.. Yusril dan Jerry Adukan Sanford ke Badan BPSK Kota Batam

503

WARTAKEPRI.co.id, BATAM – Dua orang masyarakat Batam atas nama Yusril dan Bassau Makasau mengadukan PT Gajah Izumi Mas Perkasa selaku Produsen Air Minuman Kemasan Sanford ke Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) Kota Batam. 

Keduanya sebagai konsumen yang membeli air minuman kemasan Sanford, mengadukan soal Label yang tertera pada kemasan, diduga tidak sesuai dengan isinya.

” Kenapa Sanford dilaporkan, karena kami tidak mendapat informasi yang benar dan jelas, tentang keterangan isi air pada label. Kami tanya ke penjual di minimarket mereka tidak bisa menjelaskan itu. Lalu kami juga berupaya meminta penjelasan ke produsen di pabriknya di Batam, juga tidak mendapat respon dari pihak produsen. Dan, upaya melaporkan ke BPSK ini agar pihak terkait juga mengetahuinya,” ujar Yusril, Ketua LSM Barelang dan Bassau Makasau alis Jerry Pemantau LPPNRI Kepri, saat berkunjung ke Kantor WartaKepri.co.id, Senin (30/1/2017).

Ditambahkan Yusril, sejak berita air kemasan Sanford dikritisinya awal Januari 2017, ‎hingga saat ini masih fokus mengkritisi  ketidak sesuaian label kemasan dengan fakta isi dari air yang dipasarkan.

” Kami fokus soal Label kemasannya saja,” jelas Yusril.‎

Laporan ke BPSK diterima oleh Dita staf BPSK Batam, dan diterima pada 30 Januari 2017. Yusril dan Bassau dalam pengaduannya‎ melampirkan faktur belanja pembelian Sanford dari sebuah minimarket. 

Selain itu Yusril, juga melampirkan surat Sertifikat Hasil Uji, dari Kementerian Kesehatan Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKL PP) Kelas I Batam. Surat lampiran No. TL.02.02./5.8/0155/2017 yang ditanda tangani Elvi Yulia. S.Si.

Adapun alasan Yusril dalam pengaduannya ke BPSK menjelaskan Pada tanggal 27 Januari 2017 Pengadi membeli air minuman dalam kemasan (AMDK) merk Sanford kemasan Botol 600 ml sebanyak 2 botol seharga per botol Rp 2000 di sebuah minimarket di Batam Centre.

Pengadu menjelaskan Sanford menyajikan air minuman alami. Mengingat Pengadu adalah Warga Batam mengetahui tidak ada sumber air pegunungan yang merupakan air alami dan yang ada air kran atau air hidran ATB.

Sedangkan Bassau alias Jerry mengadukan telah membeli air kemasan sanford Premium Edition sebanyak 1 karton berisi 12 botol di sebuah supermarket besar di Batam.

Dan, isi aduannya hampir sama dengan penjelasan dari aduan Yusril.(dedy swd)

DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO PEMKO BATAM Combo Sakti Telkomsel