Sukses Eksekusi Lahan, Tiga Tersangka Pembakaran Glory Home Menanti Persidangan

327
Tiga Tersangka Pembakaran Glory Home Menanti Persidangan.

WARTAKEPRI.co.id, BATAM – Setelah sukses dieksekusi lahan seluas 40.820 meter didaerah Bengkong Harapan Swadaya Batam beberapa hari lalu oleh tim eksekutor Pengadilan Negeri Batam bersam tim keamanan, kini giliran tiga tersangka pembakaran perumahan Glory Home menanti persidangan.

Kejaksaan Negeri Batam melalui Kasi Pidana Umum, Ahmad Fuady SH mengatakan; bahwa hasil penyidikan sudah lengkap ( P21) pada tiga tersangka pelaku pembakaran Rumah di Glory Home Batam.

“Tiga tersangka pelaku pembakaran rumah Glory Home sudah P21, tinggal pelimpahannya nanti pada Pengadilan Negeri Batam,” kata Ahmad Fuady SH, Jumat (3/3/2017) di kantornya.

Lanjut Ahmad Fuady, Kejari Batam sudah menunjuk Rumondang Manurung SH sebagai Jaksa Penuntut Umum (JPU) untuk menutut para terdakwa di persidangan nanti. Mudah mudahan berkas secepatnya akan dilimpahkan ke Pengadilan. Tuturnya.

PKP HIMALAYA

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Jaksa Rumondang Manurung SH, bahwa dakwaan tiga tersangka sudah saya buat dan tinggal pelimpahan pada PN Batam.

Berita sebelumnya, ditetapkan ketiga tersangka ini atas kerusuhan yang terjadi saat dilaksanakan eksekusi pertama oleh tim terpadu yang terdiri dari Kepolisian, TNI, Satpol PP, Pemko yang dipimpin Ketua Pengadilan Negeri Batam. Namun sangat disayangkan, eksekusi yang sudah berkekuatan hukum yang dikeluarkan oleh Mahkamah Agung ( MA) mendapat perlawanan dari warga Bengkong Harapan Swadaya yang menempati lahan tersebut.

Saat itu, warga melakukan tindakan anarkis berupa; membakar ban ban bekas, menutup akses jalan ke lokasi lahan dengan kayu hingga pelemparan bom molotob dan membakar 18 unit rumah perumahan Glory Home Batam diseberang lahan yang akan dieksekusi.

Ratusan botol yang berisi bom molotob ditemukan dari dalam rumah dan dijadikan barang bukti oleh polisi saat itu. Kemudian, tiga pelaku pembakaran ditangkap dan diduga sebagai dalang dari kerusuhan tersebut .( nikson simanjuntak )

DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO PEMKO BATAM Combo Sakti Telkomsel