Mitra Tapanuli Kota Batam Mudik ke Danau Toba‎, Ini Rencana Kegiatannya

HARRIS BARELANG
WARTAKEPRI.co.id, BATAM – Sejumlah tokoh masyarakat Batak Toba yang tergabung dalam Group Mitra Tapanuli, Kota Batam, Rabu (05/07/2017) berangkat ke Sumatera Utara (Sumut), dalam rangka Tour dan Travelling serta kegiatan sosial di Danau Toba.
Sedikit nya ada 40 peserta yang terdiri dari kalangan, Anggota DPRD Kota Batam, Pengusaha, Kontraktor dan para tokoh masyarakat Batak yang telah tinggal menetap di Batam mengikuti kegiatan selama lima hari.

Keberangkatan rombongan ini memiliki sejumlah agenda kegiatan yaitu, menanam pohon di sekitar danau toba,melepaskan ribuan benih ikan mas dan ikan pora-pora serta mendukung dan membantu program pemerintah provinsi Sumatera Utara untuk melestarikan tradisidan  budaya leluhur di tanah batak.

Kegiatan tersebut bertujuan agar tercipta nya rasa cinta terhadap kampung halaman, sekaligus berbagi informasi soal pengembangan pariwisata yang ada di Provinsi Kepulauan Riau dan Pemkab Toba-Samosir.
Menurut Koordinator Group Mitra Tapanuli,Sahat Tambunan mengatakan,selain mengingat tanah leluhur batak,para perantau asal Tapanuli yang berdomisili menetap di kota batam ini juga bisa berbagi informasi seputar pengembangan pariwisata di Toba-Samosir dan Kepri.

” Kita berharap Travelling Group Mitra Tapanuli Batam ini memberikan semangat bagi para perantau untuk mengingat tradisi dan budaya dari tanah leluhur di toba,” ujar Wirya.
Tercatat kegiatan Group Mitra Tapanuli ini telah 2 kali melakukan kunjungan ke Toba -Samosir, terhitung pada tahun 2016 lalu, Group Mitra Tapanuli ini mengikuti kegiatan tradisi dan pelestarian budaya dengan berdirinya “Rumah Hela” yang saat itu di hadiri oleh Hinca Panjaitan selaku Sekjend Partai Demokrat, peran lain nya rombongan ini ikut serta juga melakukan penanaman pohon di sekitar pinggiran Danau Toba guna menjaga pelestarian lingkungan.
Nah, rencana nya pada hari, Jumat (7/07/2017) melakukan kegiatan menabur ribuan benih ikan ke danau, guna meningkatkan pendapatan masyarakat yang tinggal di area Danau Toba.

Hal yang senada juga di sampaikan salah seorang peserta dari tokoh masyarakat Batak di Batam, Jhonson Fidoli Sibuea menambahkan,pelepasan ribuan benih ikan ini sekaligus untuk meningkatkan perkembangbiakan jenis ikan yang sudah termasuk langka, seperti : ikan pora-pora dan ikan muzahir di danau toba.

Jhonson menegaskan kan,wisata kali ini untuk menggerakkan warga batak yang tersebar di seluruh Indonesia atau pun di luar negeri agar mau peduli dan cinta tanah kelahiran nya, dan meningkatkan kemakmuran dan kesejahteraan di Toba dan sekitar nya.

Meskipun kegiatan Group Mitra Tapanuli ini kelihatan kecil dan sederhana,namun memberi dampak yang besar bagi masyarakat Toba -Samosir dan sekitar nya di kemudian hari. (*)
‎Tulisan : Agus Siswanto

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

GALERI 24 PKP PROMO ENTENG