Jelajahi Wilayah Terpencil di Kepri, BI dan TNI AL Kerjasama Program Layanan Kas Keliling – WartaKepri
52 views

Jelajahi Wilayah Terpencil di Kepri, BI dan TNI AL Kerjasama Program Layanan Kas Keliling

PKP DREAMLAND

WARTAKEPRI.co.id, BATAM – Untuk memudahkan masyarakat dalam menabung, Bank Indonesia (BI) dan TNI Angkatan  Laut bekerja sama dalam program Layanan Kas Keliling dan Edukasi Publik ke pulau – pulau di wilayah Provinsi Kepulauan Riau.

Kerjasama ini dihadiri oleh Gubernur Kepri, Danlantamal IV, Danguskamlabar, Kepala Kantor Perwakilan, Deputi Bank Indonesia, Direktur Bank Riau Kepri beserta Staff, di dermaga pelabuhan Batu Ampar – Batam.
Ekspedisi dengan menggunakan KRI Teluk Sabang, akan menjangkau pulau-pulau terluar diantaranya : Pulau Jemaja, Tarempa, Sekatung /Laut, Natuna dan Subi.

Kepada wartakepri.co.id disaat peninjauan KRI Teluk Sabang, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia, Gusti Raizal Eka Putra mengatakan, dengan adanya program Bank Indonesia ini akan menjangkau masyarakat sampai ke pedalaman di wilayah NKRI.

“Kita akan mendistribusikan uang keluaran terbaru dan menarik kembali uang lama yang beredar. Selain itu melakukan Edukasi dan bantuan Sosial kepada masyarakat setempat, berupa pemahaman ciri-ciri keaslian uang rupiah dan bagaimana merawat uang tersebut serta bantuan unit mesin genset untuk kelistrikan daerah tersebut,” kata Gusti Raizal Eka Putra, Selasa (8/8/2017) pagi.

Sebelumnya, kerjasama antara TNI Angkatan Laut dan Bank Indonesia dalam distribusi uang rupiah ke wilayah perbatasan dan pulau-pulau terpencil telah berjalan. Sebanyak 17 pulau dilaksanakan layanan Kas Keliling diwilayah NKRI diantaranya di Kepulauan Provinsi Jawa Timur, Kalimantan Utara, dan Sumatera Utara.

“Untuk program kerjasama ini, BI telah mengkuncurkan dana sebesar Rp 4,5 milyar,” ungkap Gusti

Ditempat yang sama, Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Danlantamal) IV Laksamana Pertama TNI R.Eko Suyatno, S.E,M.M menambahkan, Kerjasama ini merupakan kelanjutan dari program yang sudah dilaksanakan sebelumnya yaitu : pendistribusian dan pengamanan uang rupiah ke wilayah perbatasan dan terpencil.

Yang mana untuk mensukseskan kebijakan pemerintah, khususnya bidang pemerataan pembangunan dan program ini selaras dengan tugas pokok TNI AL.

“Pemberdayaan wilayah pertahanan laut sebagai implementasinya adalah membantu tugas pemerintah dalam pemerataan pembangunan, khususnya di wilayah perbatasan dan daerah terpencil,”tuturnya. (Andi Pratama)

Editor : Nikson Simanjuntak

Komentar Anda



FANINDO
DEWAN PERS WARTAKEPRI

PEMPROV KEPRI
DPRD BATAM
PEMKO BATAM
DPRD ANAMBAS
PEMKAB ANAMBAS
PEMKAB BINTAN
DPRD KARIMUN
PEMKAB KARIMUN
DPRD LINGGA
PEMKAB LINGGA