Tips Hemat dari Biaya Transfer Antar Bank agar Tidak Boros

755
Tips Hemat dari Biaya Transfer Antar Bank Agar Tidak Boros
Tips Hemat dari Biaya Transfer Antar Bank Agar Tidak Boros pakai Flip

WARTAKEPRI.co.id – Layanan transfer pada kegiatan perbankan menjadi salah satu jenis layanan yang banyak dilakukan oleh setiap orang. Tujuan dari transaksi tersebut untuk memindahkan sejumlah uang dari pengirim yang akan dipindahkan ke rekening penerima dana. Jika beda bank, ada biaya transfer antar bank yang harus ditanggung pengirim dana.

Biaya Admin Transfer Antar Bank

Setiap melakukan pengiriman uang atau transfer menggunakan bank yang berbeda dengan penerima, maka ada biaya tambahan di luar dana yang ditransfer. Biaya administrasi tersebut berbeda-beda untuk setiap bank. Kisaran biaya administrasi untuk sekarang ini Rp 6.500 sampai Rp 7.500 jika melalui ATM.

Honda Capella

Akan tetapi jika Anda melakukan transfer dengan cara lain, ada yang mencapai Rp 50.000 per transaksi seperti ketika melalui layanan transfer RTGS. Namun ada juga yang biaya adminnya hanya Rp 2.500 hingga Rp 5.000 per transaksi di teller bank namun penerima baru akan menerima kiriman uang dalam waktu 3 hari.

BACA JUGA KABAR Gembira Bagi yang Punya Kredit di Bank, OJK Perpanjang Relaksasi Kredit hingga 31 Maret 2023

Layanan transfer memang tidak hanya melalui ATM saja. Bahkan transfer dengan langsung menuju teller bank pun juga ada banyak macamnya. Setiap jenis layanan transfer tersebut memiliki biaya transfer antar bank yang berbeda-beda.

Ada yang hanya memerlukan biaya administrasi sedikit ada juga yang sampai Rp 50.000 per transaksi. Bagi pelaku bisnis yang setiap harinya harus melakukan transfer antar rekening dan antar bank tentu ini akan sangat boros.

Tips Menghemat Biaya Admin Saat Transfer

Nah, di sini ada beberapa tips yang bisa dicoba agar biayatransfer bisa lebih ringan:

1. Memiliki Rekening dari Beda Bank

Agar bisa meminimalisir pengeluaran biaya transfer antar bank saat mengirim sejumlah dana beda bank, coba miliki dua atau lebih rekening dengan bank yang berbeda. Tentunya pilih bank yang populer dan terpercaya di masyarakat. Pertimbangkan juga fasilitas dan layanan yang diberikan bank tersebut.

Kemudian, cek keuntungan atau keunggulan apa saja yang bisa Anda dapatkan dengan membuka rekening di bank tersebut. Cari tahu berapa biaya admin per bulan serta biaya admin setiap melakukan transfer beda bank. Perhatikan dengan baik apa saja keunggulan dari bank yang Anda pilih.

Akan lebih baik jika bank yang dipilih merupakan bank yang banyak digunakan masyarakat sebab artinya bank tersebut sudah unggul dan bisa lebih menekan pengeluaran biaya admin ketika transfer dana atau uang ke lain bank.

2. Gunakan Aplikasi untuk Transfer Tanpa Biaya Admin.

Sekarang ini sudah banyak rekening tanpa biaya admin. Namun saat melakukan transaksi seperti transfer antar bank tentu saja tetap ada biaya adminnya. Meski memakai aplikasi sekali pun.

Namun keuntungan lain jika menggunakan aplikasi bisa melakukan transfer antar rekening maupun antar bank darimana saja tanpa batasan waktu.

Kabar baiknya, saat ini sudah ada Flip yang merupakan aplikasi transfer antar bank secara gratis atau bebas biaya admin.

Aplikasi ini akan sangat cocok untuk para pelaku bisnis atau siapa saja yang ingin melakukan transfer uang tanpa adanya biaya tambahan. Dengan begitu, proses transfer antar bank bisa jadi semakin murah dan mudah.

Flip sendiri memiliki fitur yang cukup lengkap untuk digunakan transaksi seperti pembayaran tagihan listrik, pembelian pulsa, hingga top up dompet digital. Apapun kebutuhan Anda, Flip bisa mengakomodasinya dengan mudah.

Lalu, bagaimana dengan legalitas Flip?

Anda tidak perlu khawatir karena Flip sudah memiliki izin lisensi dari Bank Indonesia (BI). Izin ini sudah Flip dapatkan sejak tanggal 4 Oktober 2016 dengan izin lisensi nomor 18/196/DKSP/68. Hal ini membuat transaksi di Flip bisa Anda lakukan dengan aman. Jadi, tidak perlu khawatir, yuk pakai Flip sekarang juga!(*)

Editor : Dedy Suwadha

FANINDO