Prestasi, 17 Kasus Penyelundupan Dilibas Bea dan Cukai Tipe B Batam





WARTAKEPRI.co.id, BATAM – Kantor Pelayanan Utama Bea dan Cukai Tipe B Batam mengadakan Konfrensi pers terkait penegahan narkoba yang dilakukan dari bulan Januari hingga bulan Agustus 2017.

Dalam keterangan mengenai tangkapan narkoba yang disampaikan langsung oleh Kepala Bidang BKLI KPU BC Batam, di gedung KPU Bea dan Cukai Tipe B Batam, Batu Ampar – Batam. Rabu, (16/08/2017)

Kepada Wartakepri.co.id dan para awak media, Kepala Bidang BKLI KPU BC Batam, R. Evy Suhartantyo mengatakan, dari hasil penindakan yang kita lakukan dari bulan Januari sampai dengan bulan Agustus 2017.

Sebanyak 17 kali penegahan berhasil dilakukan oleh Custom Narcotic Team dengan total tersangka17 orang, terdiri dari 14 orang laki-laki dan 3 orang perempuan, yang mana WNI 12 orang, WNA Malaysia 4 orang, WNA Singapura 1 orang.

Dimana narkoba dan narkotika tersebut, dibawa dari pelabuhan kapal ferry Situlang Laut dan Pasir Gudang – Malaysia, menuju pelabuhan kapal ferry Harbour Bay – Batu Ampar dan Batam Centre – Batam.

“Barang bukti narkoba/narkotika yang berhasil diamankan dengan total, Heroin: 10 gram, Sabu-sabu: 4.413 gram, Ekstasi: 121 butir, Erimin 5: 20 butir dan ganja: 10 gram”. Ungkapnya

Modus yang digunakan para tersangka ini untuk membawa narkoba/narkotika tersebut dengan cara disimpan di Tas punggung, Jacket, Ikat pinggang, alas kaki, Pakaian dalam (cd/bh), hingga dimasukkan kedalam tubuh (anus/dubur).

Penegahan terakhir oleh petugas kita Custom Narcotic Team dengan menindak salah satu penumpang kapal di pelabuhan Batam Center- Batam, yang mana merupakan seorang WNA Malaysia.

Barang bukti yang berhasil diamankan berupa tiga (3) bungkus plastik narkoba dengan rincian, 2 bungkus plastik narkoba jenis methamphetamin (sabu) seberat 120 gram dan 1 bungkusĀ  plastik narkoba jenis Heroin seberat 10 gram.

“Pelaku ini ternyata sudah lima (5) kali membawa narkoba keluar masuk dari Malaysia masuk ke Indonesia, dan yang ke lima ini rencananya akan dibawa ke Lombok-Nusa Tenggara Barat”. Ujar Raden Evy

Selanjutnya pelaku yang diamankan petugas Custom Narcotic Team dari pelabuhan kapal Ferry Batam Center – Batam, pada pukul 17.30 WIB (Senin, 14/08/2017) untuk penyelidikan lebih lanjut pada pukul 01.00 WIB (Selasa, 15/08/2017) diserahkan kepada Direktorat Narkoba Polda Kepri.

“Pelaku berikut barang bukti hasil penegahan yang kita lakukan dari bulan Januari hingga Agustus 2017, sudah kita serahkan dengan rincian, kepada Polda Kepri sebanyak 7 kasus, BNN Kepri sebanyak 7 kasus, dan Polresta Barelang sebanyak 3 kasus”. Tutupnya

(Andi Pratama)



PKP DREAMLAND

FANINDO

DEWAN PERS WARTAKEPRI

PEMPROV KEPRI
PEMKO BATAM
PEMKAB ANAMBAS
DPRD ANAMBAS
PEMKAB BINTAN
PEMKAB KARIMUN
PEMKAB LINGGA
DPRD
WIRARAJA