Duta Besar Jepang Masafumi Ishii, dan Menteri PPN/Bappenas Bambang Brodjonegoro Hadir Talk Show Inilah Diskusinya

WARTAKEPRI.co.id ,BALI-Tujuan Pembangunan Berkelanjutan merupakan 17 tujuan yang ditentukan oleh Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) sebagi agenda pembangunan dunia untuk kebaikan seluruh penduduk dunia dan planet bumi, yang mana pencapaiannya dicanangkan hingga tahun 2030.

Di tengah semakin lajunya era modernisasi dan inovasi teknologi, masih ada beberapa negara di dunia yang masih harus berjuang dalam pengentasan kemiskinan dan menjamin kesejahteraan penduduknya.

Di sela perhelatan akbar 2018 Annual Meeting International Monetary Fund (IMF)–World Bank Group, JICA bekerja sama dengan Kementerian PPN/Bappenas, Asian Development Bank (ADB), dan United Nation Development Programme (UNDP) menggelar sebuah talkshow Localizing The Implementation of SDGs : Act Locally On A Global Scale’.

PKP EXPO

Talk show ini membahas upaya-upaya nyata apa yang dapat dilakukan untuk mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan,dimulai dari dalam negeri kita sendiri.Giat Talk Show tersebut selengarakan di Bali Berapa waktu lalu.

Lebih dari 300 peserta dari berbagai kalangan turut hadir mengikuti 2018 Annual Meeting IMF-World Bank Group.

Hadir sebagai panelis Presiden JICA, Shinichi Kitaoka, Director of the Center for Sustainable Development di Universitas Colombia, Amerika Serikat, Jeffrey Sachs.

Mantan Wakil Menteri Perdagangan RI Bayu Krisnamurthi ,Director of Asian of Venture Philanthrophy Network Patsian Low dan UNDP Administrator Achim Steiner.

Talkshow ini juga dilengkapi dengan kehadiran Duta Besar Jepang Masafumi Ishii, dan Menteri PPN/Bappenas Bambang Brodjonegoro.

“Saya salut kepada Indonesia yang telah memasukkan agenda Tujuan Pembangunan Berkelanjutan dalam rencana pembangunan negaranya,”ujar Jeffrey Sachs.

Sambung Jeffrey, mengenai komitmen Pemerintah Indonesia dalam pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

“Hal ini patut diapresiasi karena Indonesia merupakan negara yang sangat kompleks dengan keanekaragaman suku yang memiliki kebudayaan, adat istiadat, serta kepercayaan yang berbeda-beda,” lanjutnya lagi.

Para panelis sepakat bahwa komitmen serta kerjasama erat dari pemerintah, sektor swasta, yaitu para pelaku bisnis maupun lembaga nirlaba, serta segenap lapisan masyarakat memiliki andil yang penting dalam pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.(Jica ina)

Ket Foto: Presiden JICA Shinichi Kitaoka mengunjungi Indonesia dari 10 – 14 Oktober 2018.
Dia memberi kuliah Umum di Universitas Indonesia dan mengunjungi tempat-tempat Pembangunan Proyek Mass Rapid Transit Jakarta di Jakarta bersama Kepala Bappenas.

Dia kemudian berpartisipasi dalam Pertemuan Tahunan 2018 Dana Moneter Internasional dan Kelompok Bank Dunia di Bali.

Editor : Riky Rinovsky

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

GALERI 24