Kacabjari Jadi Kejari Anambas Perlu Juga Kantor Pengadilan dan Rutan di Anambas

401
Kacabjari Jadi Kejari Natuna Perlu Juga Kantor Pengadilan dan Rutan di Anambas

WARTAKEPRI.co.id, ANAMBAS – Selain melakukan pertemuan dengan pemerintah Kabupaten Anambas Rombongan Tim Kejaksaan Agung (Kejagung) dan Sekretariat Kabinet (Seskab) Republik Indonesia (RI), meninjau langsung lokasi lahan yang rencananya akan dibangun Gedung Kejaksaan Negeri (Kejari) KKA, Rabu (20/03/2019).

Tim tersebut dipimpin oleh Kepala Bagian Ortala Kejagung RI, Eko Siwi Iriani, dan Anggota Tim, yakni Kepala Sub Bagian (Kasubbag) Kelembagaan Ortala Kejagung RI, Muhammad Hamsur dan Analisis Perencanaan Bagian Ortala Kejagung RI, Lavia Anjani dan didampingi Kacabjari Natuna di Anambas, Muhammad Bayanullah.

Lahan ini memerlukan kegiatan pematangan terlebih dahulu mengingat berada di kawasan perbukitan.

PKP HIMALAYA

” Mengingat Kepulauan Anambas ini merupakan kabupaten yang jauh dan terdepan, jadi kita perlu meningkatkan statusnya dari Kacabjari ke Kejari,” ungkap Eko Siwi Iriyani kepada wartawan di Tarempa, Kamis (21/03/2019).

Ketika ditanya berapa lama waktu yang diperlukan untuk peningkatan status Kacabjari menjadi Kejari Anambas itu, Eko Siwi belum dapat memberikan kepastian. Namun cepat atau lambatnya sangat berpengaruh pada kesipan pihak Pemerintah Daerah dalam membantu memberikan kontribusi terkait hal tersebut.

” Cepat atau lambatnya berpengaruh juga pada kontribusi dari pihak Pemda. Contohnya terkait pematangan lahannya, karena kita sudah ada batas anggaran tertentu untuk itu. Jadi kalau harus dipakai untuk pematangan lahannya, tidak cukup,” terangnya.

Dalam penjelasan ke media, kehadiran Kejaksaan Negeri Natuna harus diseimbangi dengan lembaga hukum lainnya. Seperti kantor pengadilan negeri, ruang tahanan, dan juga Rutan bagi mereka yang dijatuhi hukuman nantinya.

” Kalau kantor jaksa ada di Anambas, tapi pengadilannya tetap di Natuna, dan menguhukum tahanan di Natuna, yang tentu akan memakan biaya besar juga,” harapan Eko Siwi Iriani.(*)

Kiriman : Rama

DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO PEMKO BATAM Combo Sakti Telkomsel