Semarak Idul Adha 1440 Hijriah, Kemenag Batam Sembelih 7 Ekor Sapi Dan 3 Ekor Kambing

Kemenag Batam Sembelih 7 Ekor Sapi Dan 3 Ekor Kambing





WARTAKEPRI.co.id, BATAM–Kantor Kementerian Agama (Kemenag) kota Batam melaksanakan penyembelihan hewan kurban berupa Sapi dan kambing pada Senin (12/8/2019) di Kantor Kemenag Sekupang,Batam.

Tidak ketinggalan juga, Seluruh jajaran Kemenag Batam terlihat aktif dalam pelaksanaan pemotongan hewan kurban. Penuh semangat ikut serta dalam kepanitian kurban.

Kepala Kantor Kementerian Agama kota Batam Zulkarnaen Umar mengatakan bahwa untuk tahun ini, Sebanyak 7 ekor sapi kita potong untuk dibagikan kepada jajaran pegawai Kemenag Batam serta masyarakat yang membutuhkan. Kemudian selain Sapi juga ada kambing sebanyak 3 ekor.

“Alhamdulillah bersyukur tahun ini ada kenaikan. Artinya semangat untuk berkurban masih tinggi. Adapun rincian kurban tahun ini, 1 ekor sapi sudah disumbangkan ke dapur Arang. Kemudian enam ekor sapi ditambah 3 ekor kambing, di potong di kantor Kemenag Batam,”ujar kepala Kemenag Batam Zulkarnaen Senin (12/8/2019) Di Kantor Kemenag Batam.

Zulkarnaen juga menyebut tujuan dari berkurban sesuai dengan apa yang disebutkan dalam Al-qur’an bahwa yang Allah nilai itu bukanlah dari hewan kurban yang kita kurbankan atau hitungan bulunya atau darah yang mengalir tetapi yang dihitung oleh Allah adalah ketakwaan dan pendekatan diri seorang hamba kepada sang pencipta yang pertama sehingga memang untuk meningkatkan ketakwaan seseorang kepada Allah,”sebutnya.

“Selanjutnya dimana pentingnya berkurban yang mengajarkan kita saling berbagi antara satu dengan yang lain kita memahami penderitaan saudara-saudara kita yang mereka hidup kurang beruntung, maka dari itu dengan waktu Inilah kita sempat membahagiakan mereka dengan memberikan hewan kurban atau daging kurban,”ucapnya.

Yang terakhir, Kakankemenag berpesan bahwa yang lebih spesifik tentu kurbannya bagi setiap orang yang berkurban adalah menghilangkan segala sifat-sifat jeleknya dalam dirinya apakah itu sifat sombong, iri hati, dengki dan sifat-sifat yang tidak baik itu dia perlu dihilangkan semua di dalam diri kita melalui berkurban tersebut,”kata Zulkarnaen.

Zulkarnaen juga mengucapkan terima kasih kepada Bank Syariah Mandiri (BSM) yang telah ikut berpartisipasi dalam hari raya kurban tahun 2019 ini untuk menyumbangkan kurbannya. Tentunya kedepan lebih meningkat lagi dari tahun ini,”jelasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Kurban Yendri menambahkan bahwa selesai pemotongan hewan kurban nanti, pertama dibagikan untuk peserta selanjutnya untuk pegawai di lingkungan kantor Kemenag Batam dan KUA se kota Batam.Nanti baru kita bagikan ke masyarakat sekitar lebih kurang di sini ada tiga RT di dekat kantor ini.

“Kemudian, kita mau ke pulau Seraya, Kupang dan juga ada beberapa proposal yang masuk dari Batu Ampar dan Sagulung. Semua inilah nanti akan kita bagikan kepada yang membutuhkan,”terangnya.

Selain itu, Lanjut Ketua KUA Nongsa ini, untuk jumlah yang kita bagikan perhitungan kita lebih kurang ada sekitar 500 kantong untuk seluruh pegawai kemenag Batam serta masyarakat. “Intinya 500 kantong itu sudah masuk pegawai yang ikut yang beserta semua panitia kurban,”sambungnya.

Tulisan:Taufik Chan



DEWAN PERS WARTAKEPRI PEMPROV KEPRI
DPRD KEPRI
PEMKO BATAM
DPRD BATAM
PEMKAB ANAMBAS
DPRD ANAMBAS
PEMKAB BINTAN
PEMKAB KARIMUN
PEMKAB LINGGA
DPRD
WIRARAJA