Efektifkan Penegakan Hukum, Satreskrim Polres Karimun Bangun Sinergitas Dengan Penyidik PPNS – WartaKepri
13 views

Efektifkan Penegakan Hukum, Satreskrim Polres Karimun Bangun Sinergitas Dengan Penyidik PPNS


PKP DREAMLAND

WARTAKEPRI.co.id KARIMUN – Dalam rangka mewujudkan penegakkan hukum yang lebih profesional dan berkeadilan, Satreskrim Polres Karimun pada selasa (19/11/2019) menggelar acara Supervisi dan Optimalisasi sinergitas antara penyidik Polri dan Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS), dari seluruh instansi dan lembaga pemerintahan diwilayah Kabupaten Karimun, yang dilaksanakan di ruang rapat Satreskrim Polres Karimun.

Pada pelaksanaan kegiatan yang di buka secara langsung oleh Kasat Reskrim Polres Karimun, AKP. Herie Pramono, menegaskan bahwa, fakta di lapangan ketika menangani suatu kasus, terdapat banyak undang-undang di luar KUHP yang harus dilaksanakan oleh aparat penegak hukum, baik penyidik kepolisian, kejaksaan, dan perangkat pelaksana undang-undang lainnya, salah satunya yaitu PPNS, yang meliputi KSOP Kelas I Tanjungbalai Karimun, Kantor Imigrasi, BUP, Kejaksaan, Satpol PPkantor Karantina, Kanwil DJBC Khusus Kepri, KPPBC TMP B Karimun Serta Instansi terkait lainnya.

Disela-sela acara, Kasat Reskrim Polres Karimun AKP. Herie Pramono menjelaskan bahwa, terdapat beberapa pemantapan guna mendukung kinerja, diantaranya pemantapan kerjasama dan solidaritas dengan Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS), pemantapan kerjasama dengan K/L, pemantapan kerjasama dengan Pemerintah Daerah (Pemda), pemantapan korwas PPNS, Polsus, serta Pam Swakarsa.

“Sinergitas antara Penyidik Polri dan PPNS harus dijalin dengan baik, terutama dalam menangani kasus yang undang-undangnya di luar dari pada KUHP, untuk itu kita harus saling bekerjasama dalam meningkatkan kemampuan penyidik, penyamaan persepsi sampai dengan pelaksanaan penyelidikan dan penyidikan,” ujar Perwira Polri yang pernah bertugas di Kuningan Jawa barat tersebut.

Lebih Lanjut, Herie menyampaikan pada kesempatan tatap muka bersama PPNS tersebut, agar seluruh peserta dipersilahkan menanyakan hal-hal apa saja yang menjadi kendala dalam pelaksanaan penyidikan maupun pulbaket (pengumpulan bahan keterangan).

“Inti dari pelaksanaan kegiatan ini adalah bagaimana kita sebagai penegak hukum dapat menjalin kerjasama penegakan hukum terhadap kegiatan yang dapat menghambat jalannya pembangunan, khsusnya di wilayah hukum Polres Karimun,” pungkasnya.

Diharapkan, melalui kegiatan supervisi dan tatap muka bersama stakeholder PPNS Kabupaten Karimun, pengemban fungsi penyidik, baik Polri maupun pegawai negeri sipil, dapat melaksanakan tugasnya dengan lebih profesional, proporsional, transparan, akuntabel, humanis dan tanpa adanya rekayasa. (AMA)

Komentar Anda



FANINDO
DEWAN PERS WARTAKEPRI

PEMPROV KEPRI
DPRD BATAM
PEMKO BATAM
DPRD ANAMBAS
PEMKAB ANAMBAS
PEMKAB BINTAN
DPRD KARIMUN
PEMKAB KARIMUN
DPRD LINGGA
PEMKAB LINGGA