Rawan Penimbunan, Pertamina Batasi Pembelian Biosolar Bersubsidi dengan Kartu Fuel Card



PKP DREAMLAND

WARTAKEPRI.CO.ID, BATAM–Guna memastikan penyaluran Biosolar bersubsidi tepat sasaran, Pertamina bersama Pemerintah Kota (Pemkot) Tanjung Pinang dan BRI meluncurkan kartu Fuel Card di Kota Tanjung Pinang pada Selasa (26/11) di SPBU 14291717, Batu 10. Kartu kendali pembelian Biosolar subsidi ini, kini dapat digunakan di seluruh SPBU Tanjung Pinang.

Unit Manager Comm, Rel, & CSR Marketing Operation Region (MOR) I M Roby Hervindo mengungkapkan Fuel Card berfungsi agar Biosolar dinikmati oleh pengguna yang berhak.

“Kartu Fuel Card diperuntukan bagi kendaraan roda empat dan roda enam yang sesuai dengan kriteria pengguna dalam Perpres no. 191 tahun 2014. Dengan kartu ini, misalnya, kendaraan roda sepuluh Hanya sebagian yang bisa pakai Biosolar subsidi,” ujar Unit Manager Comm, Rel, & CSR Marketing Operation Region (MOR) I M Roby Hervindo kamis (28/11/2019) di Lim Kopi Batam Centre.

Manfaat lain dari Fuel Card adalah meminimalisir penyalahgunaan. Dengan menetapkan konsumsi Biosolar subsidi maksimal 30 liter per hari. Meski pemegang kartu membeli di SPBU lain, tetap terakumulasi 30 liter per hari untuk pembelian Biosolar bersubsidi.

“Jadi tidak bisa melebihi, sehingga diharapkan dapat mengurangi aksi penimbunan Biosolar subsidi,”katanya.

Dalam peluncuran Fuel Card, Wakil Walikota Tanjung Pinang Rahma menyatakan dukungan pemkot atas penggunaan Fuel Card. Pihaknya bersyukur atas penerapan kartu Fuel Card.

“Ini membantu Pemkot dalam pengawasan Biosolar bersubsidi. Juga membuat masyatakat tenang karena terjamin untuk mendapatkan Biosolar,”kata Wakil Walikota Tanjung Pinang, Rahma.

Sementara itu, Sales Branch Manager I Kepri, Fajar Wasis Satrio Utomo menyampaikan perkembangan pengguna Fuel Card. Dimana sejak diluncurkan, pengguna kartu Fuel Card mencapai 600 kendaraan untuk Kota Tanjung Pinang.

“Awalnya dua SPBU yang melayani Fuel Card, sekarang seluruh SPBU di Tanjung Pinang sebanyak tujuh buah sudah menerima Fuel Card,” terangnya.

Ditambahkannya bahwa Pertamina masih membuka pendaftaran bagi masyarakat yang ingin mendapatkan Fuel Card. Cukup membawa dokumen asli KTP, STNK, bukti bayar pajak terakhir, serta foto yang menampilkan nomor dan fisik kendaraan ke lokasi registrasi. Yaitu di Kantor Dishub Sungai Carang,”ucapnya.

Selain itu, Pertamina dan Pemkot Tanjung Pinang akan terus mendorong perluasan penerapan penerapan Fuel Card. Mulai 3 Desember 2019, mekanisme pendaftaran Fuel Card dilakukan secara daring melalui situs fuelcard.retaidiv.com.

“Registrasi juga akan dibuka di Kabupaten Bintan,” tutupnya.*



DEWAN PERS WARTAKEPRI PEMPROV KEPRI
DPRD KEPRI
PEMKO BATAM
DPRD BATAM
PEMKAB ANAMBAS
DPRD ANAMBAS
PEMKAB BINTAN
PEMKAB KARIMUN
PEMKAB LINGGA
DPRD
WIRARAJA