Danlantamal IV Buka Penataran Kemampuan Potensi Maritim TNI AL Tahun 2019

56

WARTAKEPRI.co.id, TANJUNGPINANG – Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) IV Laksamana Pertama TNI Arsyad Abdullah, S.E., M.A.P., pimpin langsung acara pembukaan Penataran Kemampuan Potensi Maritim (Trapuanpotmar) TNI Angkatan Laut Tahun 2019 yang berlangsung Gedung Serba Guna (GSG) Yos Sudarso Markas Komando (Mako) Lantamal IV Jl. Yos Sudarso No.1 Batu Hitam Tanjungpinang Kepulauan Riau, Senin (16/12/2019).

Acara tersebut diwali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, laporan oleh perwira acara, kemudian pembacaan doa lalu dilanjutkam sambutan Danlantamal IV. Sebelum sesi foto bersama dilaksanakan pemasangan tanda peserta penataran oleh Danlantamal IV kepada perwakilan peserta Tarpuanpotmar TNI Angkatan Laut Tahun 2019.

Danlantamal IV dalam sambutan tertulisnya mengatakan “Acara pembukaan ini merupakan simbolisasi formal dimulainya kegiatan Penataran Kemampuan Potensi Maritim (Tarpuanpotmar) TNI Angkatan Laut TA. 2019 di Mako Lantamal IV selama 3 (tiga) hari.

Dikatakan juga “Sesuai Undang-Undang Nomor 34 tahun 2004 TNI, salah satu tugas TNI Angkatan Laut yaitu melaksanakan Pemberdayaan Wilayah Pertahanan Laut (Dawilhanla) yang diimplementasikan melalui Pembinaan Potensi Maritim (Binpotmar)”, ujarnya.

“Binpotmar adalah suatu upaya, pekerjaan dan tindakan yang dilaksanakan secara perorangan, kelompok dan satuan melalui Komunikasi Sosial Maritim, Pembinaan Ketahanan Wilayah Maritim dan Bakti TNI Angkatan Laut untuk membangun kemanunggalan TNI/TNI Angkatan Laut dengan rakyat”, jelasnya.

Lebih jauh dikatakan bahwa “Adapun sasaran yang hendak dicapai dari pelaksanaan kegiatan ini adalah terwujudnya kemampuan aparat pembina potensi maritim yang profesional dan kreatif kemudian terwujudnya sinergitas antar aparat pembina potensi maritim dengan aparat pemerintah maupun komponen masyarakat.

Danlantamal juga menambahkan terbentuknya kesamaan pola pikir, pola sikap dan pola tindak aparat pembina potmar, aparat pemerintah dan komponen masyarakat ke arah yang lebih baik, positif dan konstruktif untuk kepentingan bangsa dan negara agar lebih cinta kepada TNI, bangsa dan Negara, dan terwujudnya penguatan kemanunggalan TNI-Rakyat lebih kuat.

Sebagai Informasi perserta yang mengikuti Tarpuanpotmar TNI Tahun 2019 ini berasal dari perwakilan Mako Lantamal IV, Lanal-lanal jajaran Lantamal IV, Posal dan Posmat Lantamal IV kemudian Satrol Lantamal IV lalu Yonmarhanlan IV dan Pomal Lantamal IV.

Hadir dalam acara tersebut Wadanlantamal IV Kolonel Laut (P) DR. Imam Teguh Santoso, S.T., M.Si., Para Pejabat Utama Lantamal IV, Para Kepala Dinas Lantamal IV, Para Kepala Satuan Kerja Lantamal IV, Para Pamen dan Pama Lantamal IV serta Para Babinsa dibawah Kodim 0315/ Bintan dan Babinkamtibmas dibawah Polres Tanjungpinang.(*)

Editor : Dedy Suwadha

Komentar Anda

DEWAN PERS WARTAKEPRI FANINDO DPRD ANAMBAS DPRD KARIMUN