Dalam Rangka Gerakan Sejuta Pohon, Komandan Beserta Prajurit Lanudal Matak Ikut Laksanakan Penanaman Pohon di Kantor Bupati Anambas





Wartakepri.co id, Anambas – Komandan beserta Prajurit Lanudal Matak melaksanakan penanaman pohon di lingkungan Kantor Bupati Kepulauan Anambas dan Polsek Palmatak dalam rangka Gerakan Sejuta Pohon Sedunia untuk memperingati Hari Lingkungan Hidup Nasional, Jumat (10/01/2020).

Bupati dan pejabat yang tergabung dalam Forum Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Kepulauan Anambas, pejabat di lingkungan Pemda KKA, organisasi kemasyarakatan, unsur Pemuda dan masyarakat lainnya sangat antusias mengikuti acara penanaman pohon dalam rangka Gerakan Sejuta Pohon Sedunia tingkat Kabupaten Kepulauan Anambas yang tahun 2020 ini dipusatkan di Kantor Bupati KKA Jalan Pasir Peti, Tarempa.

Komandan Lanudal Matak Mayor Laut (T) Arief Gunawan, mengatakan bahwa keikutsertaan Lanudal Matak dalam aksi penanaman pohon ini merupakan wujud dari karya Lanudal Matak yang peduli terhadap lingkungan.
Selain ikut kegiatan di Ibukota Kabupaten, Prajurit Lanudal Matak juga melaksanakan kegiatan yang sama di Pulau Matak. Kegiatan gabungan dari empat kecamatan yang ada di Pulau Matak dipusatkan di Mapolsek Palmatak, sekaligus penyambutan Pejabat Kapolsek yang baru menjabat. Kegiatan di Palmatak diwakili oleh PS. Pasminprogar.

“Lanudal Matak akan selalu siap berpartisipasi aktif dalam setiap kegiatan yang bernilai positif dan bermanfaat untuk masyarakat. Sinergi TNI, Polri, Pemda dan masyarakat dalam kegiatan seperti ini harus diteruskan juga untuk kegiatan lainnya” tegas beliau.

Jenis pohon yang ditanam dalam aksi ini adalah pohon-pohon tanaman keras dan pohon yang menghasilkan buah. Karena tujuan penanaman pohon jenis ini selain sebagai tanaman lindung/penghijauan juga berguna untuk mitigasi bencana. Untuk jenis tanaman lindung sebenarnya Lanudal Matak sudah sejak tahun 2019 lalu melaksanakn pembibitan sendiri jenis Ketapang Kencana. Dari hasil pembibitan ini sudah didistribusikan ke instansi pemerintah, sekolah dan warga masyarakat yang memerlukan tanaman untuk penghijauan lahan disekitar kantor/gedung bahkan tempat tinggal.
Diharapkan penanaman pohon ini akan memberi manfaat bagi kelestarian alam dan lingkungan hidup sekitarnya.(Rama)

(Pen-Lanudal Matak)



PKP DREAMLAND

DEWAN PERS WARTAKEPRI