Kapolsek Balai Karimun dan Jajaran Laksanakan Gerakan Tanam Sejuta Pohon di Tempat Ibadah





WARTAKEPRI.co.id, KARIMUN – Jajaran personil Polsek Balai Karimun di bawah pimpinan Wakapolsek Balai Karimun AKP. Abdul Latif melaksanakan kegiatan penanaman pohon di sejumlah tempat ibadah, yang ada di Kecamatan Karimun dalam rangka Hari Lingkungan Hidup dan Hari Gerakan Satu Juta Pohon, rangkaian Polri Peduli Lingkungan tahun 2020.

Turut serta hadir dalam kegiatan Penanaman Pohon tersebut, Kanit Intelkam Polsek Balai Karimun AKP. Puji, Kanit Reskrim Polsek Balai Karimun AKP. Ribut Rawit, Ps.Kanit Lantas Polsek Balai Karimun Iptu. Hendri, Kanit Binmas Polsek Balai Karimun AKP. Indra Buana Lubis, Anggota Polsek Balai Karimun.

Kapolsek Balai Karimun AKP. Budi Hartono menyebut, untuk titik lokasi penanaman pohon sebanyak 50 bibit ini, diantaranya Vihara Buddha Diepa yang terletak di RT/RW 01/03 Bukit senang, Kelurahan Tanjung Balai Kecamatan Karimun sebanyak tiga pohon jenis kayu pucuk Merah diatas lahan 15 meter persegi, yang ditanam oleh Kanit Binmas Polsek Balai Karimun, Ps.Kanit Lantas Polsek Balai Karimun dan Ps.Kanit Provos Polsek Balai serta pengurus Vihara Sua Chai.

“Selain itu juga penanaman dilaksanakan pada Gereja HKBP Resort Karimun, yang berada di jalan Pertambangan Kelurahan Tanjung Balai Kecamatan Karimun sebanyak empat pohon jenis kayu pucuk merah diatas lahan 20 meter persegi, yang turut ditanam oleh Wakapolsek Balai Karimun, Kanit Intelkam Polsek Balai Karimun, Bhabinkamtibmas Kelurahan Tanjung Balai dan juga Pendeta HKBP Resort Karimun Pdt. Pargaulan Marpaung,” sebut Perwira Humanis tersebut.

Lebih lanjut kata Budi, juga penanaman di laksanakan pada tempat ibadah Masjid Jami Ath Thayyibah, yang berlokasi di jalan A. Yani RT/RW 03/02 Kelurahan Sei Lakam Timur Kecamatan Karimun, dimana sebanyak delapan pohon jenis kayu pucuk merah diatas lahan 40 meter persegi, oleh Kanit Reskrim Polsek Balai Karimun dan pengurus Masjid Jufrizal Efendi.

“ Untuk total keseluruhan 15 pohon jenis pucuk merah yg sudah tertanam pada tiga tempat Ibadah diatas lahan seluas 75 meter persegi,” imbuhnya.

Kata Budi, selain dari pada itu juga, keesokan harinya pada Jumat (10/1/2020) pukul 08.00 wib, juga telah dilaksanakan kegiatan Penanaman Pohon Peduli Lingkungan dalam rangka Hari Lingkungan Hidup dan Hari Gerakan Satu Juta Pohon di Wilayah Hukum Polsek Balai Karimun di Kantor Lurah Sungai Lakam Timur yang terletak di jalan H.Arab Kecamatan Karimun.

“Adapun untuk jenis pohon yang ditanam, diantaranya Pohon pucuk merah swbanyak 25 bibit, Pohon Mahoni 5 bibit, Pohon Durian 3 bibit serta Pohon Cempedak 2 bibit,” dengan Pohon yang ditanam sebanyak 35 pohon dengan luas lahan lebih kurang 600 meter persegi,” pungkas Budi.

Ungkap Perwira yang juga sebagai Wakil ketua PBSI Cabang Karimun ini, terdapat 50 bibit pohon yang terdiri dari pohon durian, cempedak, mahoni dan pucuk merah diluas lahan 675 meter persegi, yang mana kegiatan sudah di mulai sejak dari hari Kamis (9/1/2020).

“Polsek Balai Karimun telah menanam di tempat-tempat Ibadah seperti di klenteng, Masjid dan Gereja, dimana Polsek Balai Karimun sendiri masih memiliki bibit yang nantinya akan kami tanam ke sekolah-sekolah, mengutamakan pada Sekolah yang sudah menyandang predikat salah satu program kementerian Negara lingkungan hidup yang memiliki tujuan untuk mendorong terciptanya pengetahuan serta kesadaran warga sekolah dalam pelestarian lingkungan hidup (Adiwiyata),” terang Budi. (*)

Aziz Maulana



PKP DREAMLAND
FANINDO
DEWAN PERS WARTAKEPRI

PEMPROV KEPRI
PEMKO BATAM
PEMKAB ANAMBAS
DPRD ANAMBAS
PEMKAB BINTAN
PEMKAB KARIMUN
PEMKAB LINGGA
DPRD
WIRARAJA