Kemenag Batam Bersama Tokoh Agama Pemerintah dan Stakeholder Gelar Jalan Sehat Kerukunan





WARTAKEPRI.CO.ID, BATAM – Memperingati Hari Amal Bakti (HAB) ke 74, Kementerian Agama (Kemenag) kota Batam beserta seluruh masyarakat melaksanakan jalan sehat kerukunan pada Sabtu (11/1/2020) bertempat di Dataran Engku Putri, Batam Centre.

“Acara ini juga bentuk kebersamaan dan kerukunan antar agama harus selalu ditingkatkan di Kota Batam, karena Batam daerahnya sangat heterogen, yakni semua agama dan suku ada di Batam,”ucap Kakanwil Kementerian Agama (Kemenag) Kepri, Dr. Drs. H. Mukhlisuddin, SH, MA Sabtu (11/1/2020) Pada saat acara jalan sehat.

Dijelaskannya, Perlu kita ketahui bersama, bahwa agama di kota Batam ini lengkap, terdiri dari Islam, Kristen Protestan, Katolik, Hindu, Buddha dan Kong Hu Cu. Hingga kini semua agama bersatu dan kompak tidak ada perpecahan,”jelasnya.

“Semua umat rukun Indonesia, apalagi kota Batam tidak ada perpecahan, sebab berbagai agama, suku inilah yang perlu kita pertahankan bersama agar tidak ada permasalahan,”tuturnya.

Selain itu, Mukhlisuddin menyebut tahun ini filosofinya sangat mendalam dan luar biasa, umat sudah rukun, taat beragama dan taat beribadah maka masyarakat akan sejahtera dan Indonesia akan tentram,”sebutnya.

Ditempat yang sama, kepala Kemenag Kota Batam H Zulkarnain Umar menambahkan bahwa sebagai upaya agar masyarakat Batam tetap rukun, maka melalui esensi dari jalan sehat kerukunan inilah untuk menjalin kerukunan umat beragama semua kita libatkan.

Kerukunan itu bukan hanya saja kita duduk satu meja, tetapi juga bisa melalui jalan sehat, olah raga. Kalau hal itu dilakukan maka kerukunan dan kebersamaan itu akan bisa terwujud,”kata Zulkarnain.

“Jadi, lanjut Zulkarnain, rangkaian kegiatan HAB kemenag tingkat Kota Batam ini telah dilaksanakan berbagai macam kegiatan, salah satunya lomba karya tulis ilmiah, lomba catur, pembukaan Pekan Olah Raga dan Seni Hari Amal Bakti (Porhab), penanaman pohon (Ro’an), lomba volly ball, lomba masakan bergizi, perkemahan pelajar antara umat beragama.

Puncak dari HAB, pada malam nanti Kemenag Kota Batam di Gelden Prawn, yaitu silaturahim denga tokoh-tokoh agama, pemerintah dan stakeholder terkait lainnya.

Disamping itu, kegiatan HAB ini, rutin kita laksanakan sekali setahun, yakni meminta tanggapan dari tokoh-tokoh agama tentang memajukan Kota Batam kedepannya, terutama khusus tentang agama yang dalam hal ini dititipakan kepada Kemenag,”tutupnya. (Taufik chan)



PKP DREAMLAND

DEWAN PERS WARTAKEPRI