Kabar Baik! Pemerintah Karimun dan Kabupaten Meranti Lakukan Kerjasama Dalam Hal Ini





Wartakepri.co.id, KARIMUN – Guna meningkatkan pelayanan l, pengelolaan dana kesehatan sekaligus percepatan pengurusan dokumen kependudukan, pada Kamis (6/2/2020) pukul 08.00 WIB, telah dilaksanakan Memorandum of Understanding (MOU) atau kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Karimun dengan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti, di Gedung Nasional Tanjungbalai Karimun.

Penandatangan nota kesepahaman antara Bupati Karimun Dr. H. Aunur Rafiq dengan Bupati Meranti Drs. H. Irwan, dihadiri sekaligus disaksikan langsung oleh anggota DPRD Kepulauan Meranti, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karimun, Kepala Dinas Disdukcapil, Direktur utama RSUD HM. Sani, serta para tamu undangan lainnya, sekaligus dilakukan penyerahan cinderamata.

Seusai menggelar MOU kerjasama, Bupati Karimun Dr. H. Aunur Rafiq menjelaskan bahwa, dengan ditandatanganinya kerjasama kedua bidang ini, dan selanjutnya akan ditindaklanjuti secara operasional oleh Dinas Kesehatan dan juga Kependudukan.

“Besar harapan kami dengan kelanjutan kerjasama yang di canangkan mulai tahun 2012 ini, dan hingga kini akan terus ditinjau kembali untuk memberikan kepada seluruh masyarakat Kepulauan Meranti agar lebih baik lagi,” pungkasnya.

Sementara itu disela-sela sambutannya, Bupati Meranti Drs. H. Irwan mengapresiasi dan menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Karimun, yang mana sudah banyak membantu pihaknya, terutama pada masyarakat Kabupaten Kepulauan Meranti yang sudah lama menetap di wilayah Bumi Berazam.

“Warga Kepulauan Meranti sangat banyak sekali yang berdomisili dan tersebar di wilayah Kabupaten Karimun, dimana kami banyak aduan dan masukan dari masyarakat kami, kesulitan untuk membuat KTP dan Kartu Keluarga, selain itu juga jaminan kesehatan hingga beranak pinak, oleh sebab itu dengan pelbagai masalah diharapkan dapat terpecahkan serta mempunyai solusinya,” ungkap Bupati Irawan.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Karimun, M. Tahar menurutkan bahwa, untuk warga Kepulauan Meranti yang ingin menjadi penduduk Kabupaten Karimun saat ini tidak perlu menggunakan surat pindah.

“Dengan menggunakan jaringan komunikasi data (Jarigan tertutup), sehingga implementasi pemanfaatan data warehouse (DWH) untuk dapat berbagi data dengan OPD lain yang membutuhkan data kependudukan Disdukcapil,” pungkasnya.

Dinas Diadukcapil Kabupaten Karimun sendiri dapat membantu secara teknis, baik dalam sisi source code program dan seting pada jaringan yang akan digunakan, agar proses berbagi data dengan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti dapat dilaksanakan dengan baik dan lancar.(*)

Kiriman : Aziz Maulana



PKP DREAMLAND
FANINDO
DEWAN PERS WARTAKEPRI

PEMPROV KEPRI
PEMKO BATAM
PEMKAB ANAMBAS
DPRD ANAMBAS
PEMKAB BINTAN
PEMKAB KARIMUN
PEMKAB LINGGA
DPRD
WIRARAJA