Pakai Dana Hibah, KPU Anambas Beri Pemahaman Tentang PKPU 16/2019





WARTAKEPRI.co.id, ANAMBAS – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kepulauan Anambas mensosialisasikan PKPU Nomor 16 Tahun 2019 di aula Siantanur, Tarempa, Siantan, Rabu (12/2/2020).

PKPU Nomor 16 Tahun 2019 ini tentang tahapan, program dan jadwal penyelenggaraan Pilgub, Pilkot dan Pilbup tahun 2020. Selain itu, juga dilakukan sosialisasi pencalonan perseorangan pada Pilbup Anambas.

Panitia sosialisasi pencalonan bakal pasangan calon perseorangan Pilbup Anambas 2020, Ruzianah Napiah mengatakan dasar penyelenggaraan sosialisasi ini adalah UU Nomor 7 Tahun 2017, dan PKPU Nomor 16 Tahun 2019.

“Tujuannya adalah untuk memberikan pemahaman tentang PKPU Nomor 16 Tahun 2019. Ini diselenggarakan menggunakan dana hibah KPU Kabupaten Kepulauan Anambas,” kata Ruzianah.

Hal senada juga diutarakan Ketua KPU Anambas, Jufri Budi. Ia menyebut kegiatan ini guna memberikan pengetahuan tentang PKPU Nomor 16 Tahun 2019, serta sosialisasi pencalonan persorangan pada Pemilukada di Anambas.

“Untuk diketahui bersama pada tanggal 19-23 Februari merupakan tahapan penyerahan berkas syarat bakal calon perseorangan, apabila calon independen sudah memiliki username dan terverifikasi, maka ia tidak bisa lagi nyalon melalui partai politik, jika melanggar maka akan didiskualifikasi,” jelasnya.

Menurut dia, tahapan penyelenggaraan Pemilu sesuai dengan PKPU Nomor 16 Tahun 2019 menyatakan dimulai dari 15 Januari hingga 21 Agustus mendatang meliputi pembentukan PPK, PPS, dan KPPS.

Lebih jauh dipaparkannya, sedangkan untuk proses penyerahan daftar penduduk potensial pemilih bakal dimulai pada tanggal 23 Januari hingga 23 Maret. Kemudian untuk pemenuhan persyaratan dukungan pasangan calon perseorangan dibuka pada tanggal 26 Oktober-29 Mei 2020.

“Pengumuman pendaftaran pasangan calon dilaksanakan tanggal 9 Juni-15 Juni 2020, pendaftaran pasangan calon tanggal 16 juni-18 Juni, penelitian persyaratan calon pada 16 Juni-7 Juli, penetapan paslon 8 Juli-724 Agustus, dan pelaksanaan kampanye pada 11 Juli-23 September,” terangnya.

Ditambahkan Komisioner KPU Anambas, Jumadil Hakim, pada tanggal 15 Januari-14 Februari KPU telah melakukan tahapan pembentukan PPK yang kemudian dibentuk PPS di setiap desa masing-masing tiga orang.

“Apabila masyarakat memiliki rekam jejak terhadap calon PPK yang akan kita lantik, maka masyarakat berhak untuk melaporkan rekam jejaknya sebagai bahan acuan kami dalam melantik calon PPK tersebut, kurangnya SDM di Anambas ini merupakan salah satu faktor kendala dalam perekrutan PPK dan PPS,” katanya.

Sosialisasi ini dihadiri oleh seluruh komisioner KPU Anambas, Bawaslu Anambas, perwakilan HNSI Anambas, Disduk Anambas dan organisasi masyarakat setempat. (rama)



PKP DREAMLAND

FANINDO

DEWAN PERS WARTAKEPRI

PEMPROV KEPRI
PEMKO BATAM
PEMKAB ANAMBAS
DPRD ANAMBAS
PEMKAB BINTAN
PEMKAB KARIMUN
PEMKAB LINGGA
DPRD
WIRARAJA